< People

Di Balik Kesuksesan Merry Riana

Di Balik Kesuksesan Merry Riana

People 08.00 - 18.00

+62 21 2911 7888

Siapa yang tidak mengenal Merry Riana? Seorang motivator dan penulis yang sudah menerbitkan beberapa buku berjudul A Gift From A Friend, Mimpi Sejuta Dollar, dan Langkah Sejuta Suluh.

Apalagi belum lama ini, kisahnya telah dijadikan film yang diperankan oleh Chelsea Islan. Ya, film tersebut berjudul Merry Riana. Perjalanan hidupnya yang pasang surut menjadikan dirinya sukses dalam berkarier dan juga berkarya untuk sesama.

Berikut wawancara Check In Jakarta dengan Merry Riana, yang menceritakan bagaimana ia meraih kesuksesan dan membangun usaha lainnya.

Anda sudah dikenal sebagai motivator ternama dan sudah sering memberikan berbagai macam seminar di Tanah Air. Nah, bagaimana rasanya menjadi motivator yang sukses dan juga menjadi inspirasi banyak orang?

Saya selalu bersyukur dan merasa sangat beruntung karena sudah bisa melalui berbagai rintangan dan hambatan di dalam hidup saya. Sekarang, saya menjalani suatu kehidupan penuh kebahagiaan yang tidak pernah saya bayangkan.

Saya sangat berharap bahwa kisah saya dan semua yang saya lakukan setiap harinya saat ini akan dapat menjadi suatu inspirasi bagi banyak orang. Karena kalau seorang manusia penuh kekurangan seperti saya benar-benar bisa hidup sesuai dengan impian saya, maka orang lain juga pasti bisa.

Bisa dikatakan, Anda telah menghadapi berbagai macam rintangan yang telah Anda lalui sebelum mencapai kesuksesan seperti saat ini. Bagaimana Anda menghadapi rintangan-rintangan tersebut untuk mencapai kesuksesan?

Menurut saya hidup adalah suatu tantangan yang harus dihadapi, perjuangan yang harus dimenangkan, kesusahan yang harus diatasi, dan rahasia yang harus digali. Dalam situasi sulit itu saya kemudian melayangkan visi yang sangat kritis ke depan. Bagaimana masa depan saya?

Bagaimana saya akan memapankan diri saya jika setelah bekerja gaji saya tersedot untuk membayar hutang pendidikan? Bagaimana saya bisa membahagiakan orangtua saya jika waktu saya akan habis digunakan untuk bekerja keras guna membayar cicilan hutang?

Kondisi itu kemudian memacu saya untuk berpikir keras, bekerja keras, mencari jalan untuk mencapai harapan saya yang terbesar, yakni menuju kebebasan finansial di usia 30 tahun. Ketika tabungan sudah dimiliki, saya juga mencoba beberapa bisnis.

Mulai dari mencoba mengembangkan bisnis MLM sampai jual beli saham. Beberapa bisnis yang saya coba gagal. Sampai akhirnya saya memilih bidang financial consultant. Pilihan ini pada akhirnya membawa saya pada sebuah pertarungan yang sangat hebat sekaligus cocok untuk karakter saya yang pantang menyerah dan komit pada tujuan.

Pada usia 26 tahun, saya telah berhasil mendapatkan penghasilan 1 juta Dolar Singapura. Sebuah pencapaian mengagumkan. Saya sudah berhasil mencapai kebebasan finansial sebelum usia saya mencapai 30 tahun. Intinya adalah bekerja keras, pantang menyerah, disiplin, dan berdoa.


Photo source: http://merryriana.com

Kesuksesan adalah hal yang ingin diraih semua orang dan tidak memandang umur. Apakah Anda memiliki “resep” khusus bagaimana caranya supaya seseorang bisa sukses dalam usia muda seperti Anda?

Saya selalu memiliki filosofi: think big - start small - move fast. Menurut saya, hal itulah yang dapat diaplikasikan dalam kehidupan kita. Jadi kita bukan hanya harus berani bermimpi besar tapi kita juga harus mau mulai dari hal yang kecil.

Tidak menjadi masalah bila kita memulai dari hal yang kecil, asalkan kita mau bergerak dengan cepat dan jangan terlalu banyak menimbang-nimbang, because there is no perfect timing and there is no perfect moment. So, think big - start small - move fast.

Itu saya terapkan dalam kehidupan saya sehari-hari. Karena, saya percaya apapun profesi kita dan apapun juga bisnisnya asalkan kita lakukan dengan sungguh-sungguh pasti akan ada jalannya. We have to be brave to have a big dream and achieve the immposible.

Selain aktif menjadi motivator, pembawa acara di radio The Merry Riana Show, penulis, dan kisah Anda pernah dijadikan film, Anda juga memiliki Merry Riana Learning Centre. Bisakah Anda ceritakan mengenai Merry Riana Learning Centre?

Merry Riana Learning Centre adalah pusat pengembangan diri untuk anak usia 9-19 tahun, untuk saat ini kami memiliki beberapa program. Pertama, School of Public Speaking untuk anak usia 9-19 tahun, mengembangkan rasa percaya diri, menguasai berbagai gaya komunikasi sejak dini, serta menarik perhatian dan memotivasi audiens.

Kedua, Life Academy untuk anak usia 9-19 tahun, yaitu lebih kepada pengembangan diri dan life skills. Kurikulum kami didesain untuk melengkapi anak dengan pembelajaran holistik, yang berfokus pada 4 bidang utama dalam pengembangan diri anak yaitu money, relationship, learning, dan character. Money, didesain untuk memberikan pembelajaran finansial kepada anak Anda tentang menabung, kebiasaan menggunakan uang secara positif, investasi, dan pengetahuan bahwa uang bukanlah hal yang terpenting, tetapi mampu mempengaruhi hal-hal terpenting dalam hidup.

Relationship, kemampuan untuk menghargai dan mencintai orang tua dan orang lain, serta kemampuan untuk bisa berbicara di depan banyak orang dengan penuh percaya diri adalah keterampilan penting yang harus dimiliki anak Anda untuk bisa mencapai kesuksesan di sekolah, dalam karier di masa depan, dan dalam hidup ini.

Learning, alasan kenapa banyak anak merasa bahwa belajar itu sulit dan membosankan, bukanlah karena anak-anak itu tidak pintar, tapi karena mereka belum belajar ‘bagaimana cara belajar yang benar’. Kami percaya bahwa setiap anak, termasuk anak Anda, memiliki potensi untuk bisa meraih prestasi puncak dalam sekolah dan kehidupan.

Character, fokus dalam membimbing anak Anda untuk mengembangkan rasa percaya diri yang tinggi dalam bertindak dan mengambil keputusan, serta pengembangan karakter yang tangguh dan tidak mudah menyerah.


Video source: YouTube (Merry Riana)

Siapakah sumber inspirasi Anda? Mengapa Anda menyukainya?

Oprah Winfrey. Saya melihat dia sebagai seorang wanita yang awalnya berada dalam kehidupan sulit dan keras. Namun ia tidak hanya berhasil dalam kariernya, di sisi lain ia juga mau berbagi inspirasi kepada orang-orang sedunia melalui acara talkshow-nya, majalahnya, dan foundation-nya.

Terinspirasi dari Oprah, maka di Indonesia saya bukan hanya sebagai seorang pembicara, tapi saya juga melakukan radio show berjudul: The Merry Riana Show, Merry Riana Campus Ambasador, dan menulis buku. Menjadi motivator hanya satu dari banyak medium yang saya lakukan saat ini.

Sebutkan motto Anda dalam mencapai kesuksesan!

Don’t just be yourself but be your best-self. Artinya saya akan tetap terus meneruskan dan mengembangkan apa yang sudah menjadi kelebihan saya dan akan selalu fokus dengan hal tersebut. 

Address

Merry Riana Learning Centre - Puri Sentra Niaga P-3 No.16, Puri Indah, Kembangan, Jakarta Barat.


Phone

+62 21 2911 7888


Operational Hours

08.00 - 18.00


SEE MAP