< FYI

Duduk Berjam-jam? Ini 5 Makanan yang Wajib Anda Konsumsi

Duduk Berjam-jam? Ini 5 Makanan yang Wajib Anda Konsumsi

FYI

Kebanyakan dari Anda mungkin tidak sadar ada bahaya yang mengintai akibat duduk terlalu lama. Terlalu lama duduk di tempat kerja tanpa diimbangi dengan aktivitas lain berisiko menyebabkan berbagai penyakit kronis, seperti sakit punggung, kolesterol tinggi, diabetes hingga jantung. Oleh sebab itu, Anda wajib mengonsumsi setidaknya satu jenis dari lima makanan di bawah ini untuk mengurangi risiko tersebut.

1. Alpukat

photo source: pixabay.com

Kelezatan buah satu ini tentu tidak perlu dipertanyakan lagi. Menurut para peneliti di Amerika Serikat, buah alpukat mengandung berbagai nutrisi yang dapat menurunkan kadar lemak jahat dalam tubuh sehingga aman dikonsumsi setiap hari.

Selain itu, alpukat juga dapat mengurangi risiko degenerasi otot karena kurang beraktivitas. Otot yang tidak digunakan dalam waktu yang lama karena terlalu lama duduk akan menurunkan fleksibilitas tubuh. Buah alpukat dapat dikonsumsi langsung atau dicampur dengan bahan makanan lain, seperti madu, yogurt dan perasan air jeruk nipis.

2. Kacang

photo source: pixabay.com

Seperti yang kita ketahui bahwa kacang kaya akan omega-3 nabati anti-inflamasi atau lebih populer dengan nama ALA. Nah, dibanding dengan jenis kacang lain, walnut atau kacang kenari mengandung lebih banyak ALA. Sementara itu, almond atau kacang badam mengandung antioksidan dan vitamin E paling tinggi yang berfungsi melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan oksidatif.

Yang dimaksud dengan kerusakan oksidatif adalah keadaan di mana jumlah radikal bebas dalam tubuh melebihi kapasitas sehingga tubuh tidak dapat menetralisir dengan maksimal. Hal ini menjadi penyebab utama penuaan dini, kanker, jantung dan Alzheimer. 

Konsumsi 30 gram kacang (160 – 200 kalori) per hari agar dapat terhindar dari penyakit kronis tersebut.

3. Bawang putih

photo source: pixabay.com

Terlepas dari bau dan rasanya yang getir, ternyata bawang putih memiliki banyak khasiat penting. Aliran darah yang tidak lancar disebabkan oleh berbagai kondisi, salah satunya terlalu lama duduk dengan posisi yang salah. Senyawa allicin pada bawang putih bereaksi dengan sel darah merah dan menghasilkan hydrogen sulphate.

Senyawa ini berfungsi merelaksasi pembuluh darah agar aliran darah lebih lancar. Selain itu, bawang putih juga mencegah terbentuknya gumpalan lemak yang menghambat pembuluh darah sekaligus menjadi penyebab utama terjadinya serangan jantung.

Konsumsi setidaknya satu siung bawang putih untuk menghindari risiko terkena serangan jantung.

4. Nanas

photo source: pixabay.com

Buah tropis yang populer sejak berabad-abad lalu ini membantu menjaga kesehatan dan kekuatan tulang. Senyawa mangan pada nanas berfungsi untuk menjaga kesehatan tulang. Sebab, jika duduk dalam posisi salah dan berlangsung cukup lama, otot bagian belakang bekerja ekstra untuk mempertahankan posisi tersebut.

Ketika otot lelah, maka di dalam otot terjadi peradangan. Enzim bromelain pada nanas berfungsi untuk mengurangi tingkat peradangan. Dianjurkan untuk mengonsumsi sedikitnya satu cangkir nanas per hari untuk mengurangi risiko inflamasi otot.

5. Berry

photo source: pixabay.com

Buah yang kaya akan antioksidan ini juga mengandung senyawa antosianin, yang berfungsi memberi warna pada buah berry. Disarankan untuk mengonsumsi buah berry dengan warna gelap seperti blueberry atau blackberry yang mengandung antosianin lebih tinggi.

Senyawa antosianin sendiri berfungsi untuk menangkal radikal bebas, mengurangi peradangan dan pegal-pegal akibat duduk terlalu lama. Buah berry dapat dikonsumsi langsung, dijadikan smoothies atau dicampur ke dalam salad agar lebih variatif.