< Marketing

Endorsement Cara Baru Pasarkan Produk

Endorsement Cara Baru Pasarkan Produk

Marketing

Di era serba online saat ini, pasti Anda sudah tidak asing lagi mendengar kata endorsement. Secara harfiah, endorsement juga bisa berarti testimonial atau dukungan yang diberikan dari satu pihak ke pihak yang lain.

Namun dalam dunia online, khususnya toko online, endorsement berarti memberikan sebuah produk kepada seorang artis atau user lain yang memiliki jumlah followers yang banyak. Biasanya hal ini banyak dilakukan lewat media sosial Instagram.

Pada awalnya, pemilik toko online akan mencoba menghubungi seorang artis untuk menawarkan produknya secara gratis. Di mana nantinya artis tersebut akan mem-posting foto dengan mengenakan produk yang diberikan oleh toko online tersebut, tentunya disertai dengan caption yang mengatakan bahwa sang artis menyukai produk tersebut dan menyarankan followers-nya untuk membeli di toko online yang memberikan produk tersebut.

Terdengar mudah bukan? Namun tidak semua artis atau user Instagram mau di-endorse. Tidak sedikit pula ada yang memasang tarif cukup tinggi untuk tiap foto endorsement yang ia post. Namun cara ini dinilai cukup efektif bagi para pemilik toko online karena setelah seseorang yang di-endorse mengunggah foto dengan produk mereka, jumlah followers-nya pun akan bertambah.

Bahkan jika banyak orang yang suka dengan produk tersebut, tidak sedikit pula yang akan langsung membelinya. Maka dari itu, banyak juga pemilik online shop yang rela merogoh kocek lebih dalam untuk membayar para artis demi memperluas pasar konsumen mereka. 

Hal ini juga menjadi alternatif lain bagi para selebgram (sebutan untuk seseorang yang terkenal di dunia Instagram) untuk mencari rejeki. Media sosial yang seharusnya untuk bersosialisasi pun dimanfaatkan menjadi ladang bisnis.