Tuesday, November 12, 2019
Recreation
Recreation

Fakta Menarik Museum Benteng Heritage di Tangerang

Spectr News Theme Eskanisa Ramadiani
30, August 2019
452

Meski tidak sepopuler wisata belanja atau wisata kuliner, ternyata ada banyak hal yang bisa Anda dapatkan dengan melakukan wisata museum. Salah satu museum yang wajib masuk ke dalam daftar untuk Anda kunjungi akhir pekan ini adalah Museum Benteng Heritage. Hal menarik apa yang ada di museum ini? Berikut ulasan lengkapnya.

1. Berdiri Sejak Abad 17

Museum pribadi milik keturunan Tionghoa bernama Udaya Halim ini diperkirakan sudah berdiri sejak abad 17. Bangunan yang dapat Anda jumpai di Jalan Cilame, Pasar Lama, Tangerang ini merupakan bangunan paling tua di Tangerang. Museum Benteng Heritage sempat mengalami restorasi di tahun 2009 dan diresmikan akhir 2011.

2. Koleksi Antik

Terdiri dari dua lantai, lantai satu museum ini digunakan sebagai tempat penjualan souvenir. Sementara di lantai dua terdapat koleksi antik yang berkaitan dengan sejarah etnis Tionghoa di Indonesia, baik yang diletakkan di dalam lemari (etalase) maupun di atas meja. Barang-barang antik seperti kebaya encim, timbangan opium, kamera tua, koleksi sastra lama seperti Surat Menyurat Oey Kim Tiang hingga mahyong, mainan khas Tionghoa tertata rapi. 

3. Relief Legenda Sam Kok

Relief di salah satu bagian musem merupakan penggalan roman Tiga Kerajaan atau yang dikenal juga dengan nama Sam Kok dan berfokus pada sifat jendral Guan Yu atau KwanKong yang perkasa, gagah berani, jujur dan tidak pernah mengkhianati saudara atau kawan.

Eskanisa Ramadiani
Eskanisa Ramadiani
Journalist
Registration