Sunday, December 08, 2019
Event
Event

Festival Bahari Jakarta Ajak Masyarakat Peduli Laut

Spectr News Theme Isny Dewi R.
20, September 2019
519

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan menggelar Festival Bahari Jakarta (FBJ) selama dua hari, mulai tanggal 21 – 22 September 2019. Acara yang diinisiasi oleh Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (DKPKP) Provinsi DKI Jakarta ini akan diadakan di Pulau Tidung, Pulau Pramuka, dan Pulau Pari yang masuk dalam gugusan Kepulauan Seribu.

“Konservasi alam laut yang selama ini digiatkan oleh tim Pemprov DKPKP diharapkan bisa melestarikan ekosistem laut, yang tentunya hasil dari konservasi bisa dinikmati masyarakat luas dan meningkatkan minat wisatawan untuk wisata bahari di Pulau Seribu.” Jelas Darjamuni, Kepala DKPKP DKI Jakarta, saat media gathering Festival Bahari Jakarta di Galeri Indonesia Kaya, Grand Indonesia (13/09/19).

Salman Dianda Anwar, Ketua Jakarta Tourism Forum, juga menambahkan, “Jakarta sejak zaman dahulu dikenal sebagai kota bahari. Melalui festival ini, diharapkan Jakarta dapat bangkit lagi menjadi kota bahari. Jakarta Tourism Forum bersama stakeholder lainnya berkolaborasi untuk menyukseskan acara ini dan akan terus mengawal acara ini menjadi acara yang spektakuler dan menjadi acara tahunan.”

Festival Bahari Jakarta yang didaulat sebagai pesta rakyat bahari pertama di Jakarta ini memiliki konsep “Love Our Ocean”, yaitu sebuah ajakan untuk mencintai laut melalui kegiatan pelestarian laut. Pada acara ini juga akan diadakan kegiatan aksi bersih pantai dan aksi bersih dalam laut dengan slogan Asik (Anti Sampah Plastik).

Selain itu, akan ada juga kegiatan konservasi laut seperti transplantasi terumbu karang yang diawali dengan 1.000 bibit karang, inisiasi 3.000 bibit mangrove yang dilakukan oleh relawan milenial dari komunitas Maritim Muda, anggota Pramuka Pulau Tidung, dan sukarelawan.

Rangkaian acara pada Festival Bahari Jakarta 2019 meliputi kompetisi foto underwater, kompetisi foto budaya pesisir, kompetisi open water swimming dengan jarak 700 meter, dan lomba perahu hias dengan total hadiah lebih dari Rp 100 juta yang dipersembahkan oleh Pemprov DKI Jakarta.

Acara yang didukung penuh oleh Jakarta Tourism Forum ini juga akan dimeriahkan Oceanic Folk Festival (OFF) yang mempertemukan kebudayaan bahari masyarakat internasional dari Afrika, Amerika Latin, dan Asia-Pasifik dengan kebudayaan masyarakat.

Tak ketinggalan, akan ada beberapa artis yang turut meramaikan festival ini, di antaranya Andi Rif, Kamila, Amelia Ong, Ino Ensemble, dan Hip Hop Kupang. Serta beberapa artis mancanegara di antaranya Viva Brazil (Brazil), Supa Kalulu (Zimbabwe), Bennett Brandies (AA), Han Bapeh (Korea), dan Sindhu Raj (India).

Selain itu, akan ditampilkan juga kesenian Betawi, seperti  Wayang Kulit Betawi dan Tanjidor Brass Band. Masih dalam rangkaian FBJ, Sudin KPKP juga akan menggelar bazar di Pulau Tidung, Pulau Pramuka, dan Pulau Pari/Lancang.

 

Top Photo Source: Instagram @dkijakarta

Isny Dewi R.
Isny Dewi R.
Journalist
Registration