Monday, September 23, 2019
Bisnis
Bisnis

Fitur PayLater yang Harus Anda Tahu

Spectr News Theme Isny Dewi R.
18, June 2019
707

Belakangan ini mungkin Anda sering melihat fitur PayLater berseliweran di beberapa platform pembayaran digital seperti OVO dan GO-PAY, termasuk Traveloka. Tapi apakah Anda tahu apa itu PayLater? Fitur ini memberikan kesempatan bagi para penggunanya untuk dapat membeli sesuatu dan membayarnya nanti. Bisa dibilang PayLater merupakan metode pembayaran kredit limit yang ditawarkan aplikator di mana pengguna dapat mencicilnya per bulan. Berikut fitur PayLater di Indonesia yang harus Anda tahu.

1. Traveloka
Aplikasi pemesanan ini menawarkan fitur PayLater untuk pembelian tiket pesawat, hotel, makanan, dan kecantikan, tidak untuk bill payment dan produk konektivitas. Anda bisa melunasi pembayaran dalam rentang waktu 12 bulan tanpa tambahan biaya dengan limit hingga Rp 10 juta dan minimal transaksi Rp 50.000.

Pilihan metode pembayaran bisa melalui Uangku, kartu kredit, dan kartu debit. Sebelum menggunakan PayLater dari Traveloka, pastikan Anda telah memenuhi sejumlah persyaratan, seperti berusia antara 21 – 70 tahun, WNI, dan sudah memiliki e-KTP yang valid.

Jika PayLater Anda disetujui, tinggal aktifkan akun dan Anda sudah dapat membuat pemesanan. Caranya, buka Traveloka dan pilih produk yang ingin dibeli. Di halaman pembayaran, pilih PayLater. Pilih perencanaan pembayaran dan metode pembayaran, lalu masukkan kode verifikasi. Transaksi pun selesai.

2. OVO
Fitur PayLater dari OVO memungkinkan pengguna dapat bertransaksi di merchant-merchant pilihan dan membayarnya di akhir bulan tanpa tambahan biaya. Pengguna bisa membayarnya dengan jangka waktu 30 hari setelah barang dibeli. Pembayaran dapat dilakukan melalui aplikasi OVO, beberapa merchant OVO, dan supermarket.Proses pembayaran menggunakan PayLater tergolong cepat. Tak sampai satu menit untuk mengonfimasi pembayaran kredit pengguna. Proses verifikasi dan aktivasi kurang lebih memakan waktu satu jam.

Adapun minimum kredit yang diberikan Rp 10.000 dan maksimal Rp 10 juta. Rencananya, mulai Juli 2019, OVO PayLater akan menambah fitur instalment sehingga pengguna dapat membeli barang dengan cara mencicil. OVO PayLater juga sudah menjadi salah satu opsi pembayaran di Tokopedia, kecuali untuk produk angsuran kredit, donasi, zakat, isi ulang e-money, reksadana dan emas.

3. GO-JEK
PayLater milik GO-JEK adalah metode pembayaran untuk pelanggan terpilih, di mana Anda dapat memesan layanan GO-FOOD sekarang dan membayarnya di akhir bulan. Saat ini fitur PayLater hanya tersedia untuk layanan GO-FOOD. Caranya mudah. Anda hanya perlu memesan GO-FOOD, dan pilih PayLater sebagai metode pembayaran.

Semua keuntungan yang biasa Anda dapat menggunakan GO-PAY seperti potongan harga, voucher, dan promo tetap akan Anda dapatkan saat membayar menggunakan Paylater. Namun, pastikan isi saldo GO-PAY Anda cukup untuk membayar tagihan PayLater sebelum akhir bulan. Seperti halnya memiliki kartu kredit tanpa kartu, pengguna akan ditagih sesuai waktu yang ditetapkan disertai dengan tambahan biaya administrasi.

Ada biaya langganan yang harus dibayar jika Anda menggunakan PayLater dari GO-JEK ini. Namun jika Anda tidak menggunakan PayLater sama sekali, Anda tidak perlu membayar apapun. Pinjaman dana untuk PayLater GO-JEK disediakan oleh fintech P2P lending Findaya  yang merupakan perusahaan P2P lending independen. Tertarik mencoba?

Isny Dewi R.
Isny Dewi R.
Journalist
Registration