Thursday, April 02, 2020
Technology
Technology

Google Rilis GameSnacks, Bisa Dimainkan Meski Internet Lemot

Spectr News Theme Isny Dewi R.
27, February 2020
260

Semakin majunya teknologi, membuat para penggemar game kian dimanjakan dengan banyaknya pilihan game mobile dengan tampilan visual mumpuni dan gameplay yang seru. Untuk dapat memainkannya, biasanya membutuhkan spesifikasi ponsel yang oke. Jika jaringan internet lamban atau kemampuan perangkat kurang handal, maka akan menjadi kendala saat tengah asyik bermain game.

Melihat permasalahan tersebut, Google pun mengambil inisiatif dengan membuat serangkaian game casual berbasis web yang ringan dan dapat dimainkan di ponsel dengan spesifikasi rendah, bahkan pada jaringan internet yang lamban. Aneka game ringan tersebut terkumpul dalam sebuah platform bernama "GameSnacks" yang dikembangkan oleh Area 120, inkubator internal Google, dan diluncurkan pada 13 Februari lalu.

Ide GameSnacks adalah untuk mempercepat waktu pemuatan dan kinerja game web dengan mengurangi ukuran halaman HTML yang awalnya dimuat, mengompresi aset tambahan seperti skrip, gambar, dan suara, kemudian menunggu untuk memuatnya sampai diperlukan.

GameSnacks memungkinkan semua game-nya dimuat dalam beberapa detik bahkan pada koneksi jaringan selambat 500 Kbps. Misalnya, judul GameSnacks yang disebut Tower siap dimainkan pada perangkat RAM 1 GB melalui jaringan 3G hanya dalam waktu beberapa detik. Sedangkan permainan web tipikal pada perangkat yang sama membutuhkan waktu selama 12 detik, klaim Area 120.

Selain itu, game GameSnacks adalah game sederhana dan kasual yang hanya bertahan beberapa menit. Mereka dimaksudkan untuk mengisi waktu luang Anda seperti saat menunggu antrean, menunggu di halte bus, atau menunggu janji dengan dokter. Gim ini juga dirancang untuk memiliki aturan langsung sehingga dapat dipelajari tanpa instruksi.

Saat diluncurkan, GameSnacks bermitra dengan platform teknologi terkemuka di Asia Tenggara, Gojek, yang membawa game-game baru ke ekosistem mereka melalui layanan GoGames. Awalnya, kemitraan ini difokuskan untuk memberikan game kepada pengguna di Indonesia sebelum berekspansi ke tempat lain di Asia Tenggara.

Saat ini, GameSnacks bekerja dengan beberapa pengembang termasuk Famobi, Inlogic Games, Black Moon Design, Geek Games, dan Enclave Games. Pengembang game HTML5 lainnya yang menganggap judulnya masuk akal dalam katalog GameSnacks didorong untuk bergabung dengan platform ini. Jika Anda tertarik, Anda bisa mengisi formulir di tautan ini.

Model bisnis GameSnacks pada akhirnya akan melibatkan kemitraan lain yang memungkinkan pengembang lain untuk menanamkan game GameSnacks ke dalam aplikasi mereka sendiri, bahkan disesuaikan untuk merasa asli dengan pengalaman aplikasi itu.

Didirikan oleh Ani Mohan dan Neel Rao, GameSnacks adalah tim yang terdiri dari enam orang yang bekerja di dalam Area 120 di Google, yang merupakan rumah bagi berbagai ide eksperimental, termasuk jejaring sosial, video, iklan, pendidikan, transit, bisnis, dan masih banyak lagi.

Isny Dewi R.
Isny Dewi R.
Journalist
Registration