Thursday, October 17, 2019
Recreation
Recreation

Hal Menarik dari Museum Layang-layang

Spectr News Theme Eskanisa Ramadiani
17, June 2019
742

Jakarta memiliki banyak tempat wisata yang cocok dikunjungi bersama keluarga saat akhir pekan, contohnya museum-museum yang menyimpan warisan bersejarah. Begitu pula dengan Museum Layang-layang yang berlokasi di Pondok Labu, Jakarta Selatan. Lalu, apa keistimewaan dari museum satu ini?

1. Gedung museum dirancang dalam gaya khas Jawa, ada empat bangunan tradisional yang masing-masing memiliki fungsinya sendiri, seperti pendopo putih sebagai ruang untuk menyaksikan pemutaran video mengenai sejarah layang-layang hingga bangunan utama yang merupakan museum layang-layang itu sendiri.

2. Museum ini setidaknya menyimpan 500 bentuk layang-layang tradisional maupun modern berbentuk tiga dimensi berbagai bentuk. Ratusan layang-layang tersebut datang dari seluruh provinsi di Indonesia dan mancanegara, seperti Belanda, Korea hingga Italia.

3. Puas melihat ratusan koleksi layang-layang, Anda bisa berlokakarya, mulai dari membuat layang-layang, membuat batik, membuat keramik, melukis payung, melukis wayang, melukis lampion hingga melukis kaus dengan harga yang bervariatif.

Jika tertarik untuk mengenal kesenian asli Indonesia ini Anda bisa berkunjung sekaligus mencoba membuat layang-layang dengan tiket masuk Rp15.000 per orang.

Eskanisa Ramadiani
Eskanisa Ramadiani
Journalist
Registration