Monday, November 18, 2019
Marketing
Marketing

Hal Penting Dalam Dunia Digital Marketing untuk Bisnis Startup

Spectr News Theme Eskanisa Ramadiani
16, September 2019
343

Bisnis startup dan digital marketing bagai dua sisi koin yang tidak dapat dipisahkan. Tidak mengherankan jika digital marketing atau pemasaran yang memanfaatkan keberadaan teknologi ini ‘berhasil’ menggeser pemasaran secara konvensional.

Pasalnya, semua aktivitas promosi (pemasaran) dalam bentuk tulisan, foto atau video yang disebar melalui media sosial terbukti dapat menjangkau konsumen dalam waktu cepat dan tepat. Meski demikian, bukan berarti digital marketing tidak memiliki kelemahan. Berikut, hal sederhana yang wajib Anda perhatikan dalam dunia digital marketing untuk meraih kesuksesan.

1. Brand Awareness

Di samping sebagai wadah promosi (pemasaran), media social juga bisa digunakan untuk mengenalkan produk (bisnis) yang Anda bangun saat ini. Setiap harinya, jutaan masyarakat Indonesia aktif menggunakan media sosial, seperti Instagram, Twitter, Facebook dan lainnya. Tumbuhkan brand awareness pada pengguna media sosial sehingga mereka percaya bahwa produk (bisnis) Anda bisa menjawab kebutuhan sekaligus keinginan mereka. Pastikan Anda memilih media sosial yang dapat diakses dengan mudah oleh konsumen.

2. Kreativitas

Konten yang menarik merupakan hal penting dalam melancarkan promosi (pemasaran). Di samping itu, strategi pemasaran yang tepat dan persuasif dipercaya mampu menarik calon konsumen untuk membeli produk apapun yang Anda tawarkan. Nah, kreativitas konten tentu tidak hanya berfokus pada promosi saja, namun juga sarana edukasi yang mampu memberikan wawasan (pengetahuan) baru pada konsumen sehingga produk yang Anda tawarkan mampu menyelesaikan ‘masalah’ yang mereka hadapi.

3. Maksimalkan SEO

Selain media sosial untuk konten dan email marketing untuk mengedukasi konsumen, Anda juga bisa memaksimalkan SEO (Search Engine Optimization) untuk menjadikan konten Anda berada di urutan teratas saat calon konsumen yang haus akan informasi dan ingin membeli produk Anda. Sebab, konten yang bagus dan tampilan situs yang menarik tidak cukup mendatangkan visitor. Di sini, SEO berperan untuk meningkatkan traffic kunjungan ke website Anda. Ada beberapa komponen utama dalam SEO yang berperan untuk menentukan urutan rangking di hasil pencarian search engine (Google), salah satunya riset kata kunci (keyword research). Riset tersebut dapat dilakukan dengan bantuan keyword research tool gratis seperti Google Trends, Answer The Public, SEMrush dan masih banyak lagi.

 

Eskanisa Ramadiani
Eskanisa Ramadiani
Journalist
Registration