< Marketing

Hal Penting yang Harus Dimiliki Marketing Andal

Hal Penting yang Harus Dimiliki Marketing Andal

Marketing

Marketing dianggap sebagai salah satu bidang yang menawarkan ruang tak terbatas untuk berkreasi. Marketing andal tentu dituntut untuk senantiasa berpikir out of the box. Namun, apa sebenarnya yang dibutuhkan seseorang untuk bisa menjadi marketing andal?

1. Public Speaking

Public speaking merupakan bentuk sejauh mana Anda bisa berkomunikasi secara efektif dengan orang lain, dalam hal ini klien. Tujuannya, untuk mendidik, mempengaruhi, menyampaikan pesan kepada klien sekaligus memasarkan bisnis yang Anda geluti. Agar lebih percaya diri saat ‘bercerita’ di depan klien, Anda bisa menceritakan pengalaman diri sendiri. Biasanya, pengalaman pribadi seperti magnet yang bisa menarik perhatian orang lain untuk mendengarkan, terutama ada makna positif di balik cerita tersebut yang bisa dijadikan pelajaran.

2. Analisis Tinggi

Untuk bisa meyakinkan klien, Anda wajib melakukan banyak penelitian tentang target pasar. Sebelum menarik kesimpulan, tentu membutuhkan analisis tinggi untuk mengevaluasi data yang sudah terkumpul. Seorang marketing tentu akan lebih percaya diri untuk memaparkan data yang bisa dipertanggung jawabkan. Rajin membaca, ajak teman marketing lain untuk berdiskusi, dengan begitu kemampuan analisis akan meningkat secara bertahap.

3. Ahli Bernegosiasi

Keterampilan pendukung yang rasanya wajib dimiliki setiap marketing adalah negosiasi. Membuat kesepakatan deadline, menentukan besaran bujet dengan klien bukan perkara mudah. Namun, Anda bisa mencoba bernegosiasi dengan menyiapkan argumen yang persuasif. Jangan takut ambil risiko, siapkan penjelasan yang logis dan persuasif, sampaikan dengan penuh antusiasme agar klien lebih yakin.