< FYI

10 Hal yang Perlu Anda Ketahui Tentang Patung Bundaran Senayan

10 Hal yang Perlu Anda Ketahui Tentang Patung Bundaran Senayan

FYI

Banyaknya monumen yang ada di Jakarta membuat masyarakat sering menamai monumen-monumen tersebut dengan sebutan yang lebih mudah diingat. Contohnya patung Bundaran Senayan, patung pria yang mengangkat obor. Tapi sudah tahukah Anda beberapa fakta dibalik patung tersebut?

  1. Nama asli patung Bundaran Senayan adalah Patung Pemuda Membangun.
  2. Sering dijuluki dengan patung Pizza Man atau patung Pria Pembawa Obor.
  3. Patung Pemuda Membangun dibuat untuk memberikan penghargaan pada pemuda pemudi yang ikut serta pada pembangunan Indonesia.
  4. Pembuatan patung ini juga menandakan lahirnya Sumpah Pemuda walaupun diresmikan beberapa bulan setelahnya.
  5. Obor yang diangkat oleh sang patung merupakan simbol semangat para pemuda pemudi. Diharapkan semangat mereka tidak pernah padam layaknya api yang berkobar.
  6. Patung Pemuda Pembangun dibuat oleh tim Biro Insinyur Seniman Arsitektur (ISA). Sedangkan pematungnya sendiri bernama Imam Supardi dan Munir Pamuncak.
  7. Biaya pembuatan patung ditanggung oleh Pertamina yang adalah perusahaan pertambangan minyak dan gas bumi.
  8. Kala itu, Ibnu Sutowo, Direktur Utama Pertamina yang juga pernah menjabat sebagai Menteri Minyak dan Gas Bumi ke-3, ikut berperan dalam pembuatan patung ini.
  9. Perawatan patung Pemuda Membangun sendiri merupakan tanggung jawab Dinas Pertamanan DKI Jakarta dan Dinas Pemadam Kebakaran.
  10. Ditempatkan di tengah perpotongan Jalan Sudirman, Jalan Pattimura, Senopati, Hang Lekir, dan Asia Afrika karena dinilai luasnya memungkinkan untuk membangun patung besar dan strategis untuk menjadi monumen