< Technology

Hati-hati, Ada 5 Game yang Dapat Merusak Smartphone Android

Hati-hati, Ada 5 Game yang Dapat Merusak Smartphone Android

Technology

Apakah Anda suka bermain game di smartphone Android? Kalau iya, Anda perlu berhati-hati karena tidak semua game cocok dimainkan di tiap smartphone. Masing-masing game dan smartphone memiliki kapasitas dan spesifikasinya masing-masing. Apabila game berkapasitas besar di-install di smartphone dengan spesifikasi yang tidak sesuai, game tersebut malah bisa merusak smartphone Android Anda, lho. Nah, berikut ini adalah 5 game yang sebaiknya tidak di-install pada Android berspesifikasi rendah. Check it out!

 

1. GTA San Andreas
Game yang populer sejak kemunculannya sebagai game PlayStation ini bisa menjadi masalah bagi smartphone Android Anda. GTA San Andreas membutuhkan smartphone dengan memori internal minimal 2,4 GB dan RAM minimal 2 GB agar bisa dimainkan dengan lancar.

 
Photo source: http://www.youtube.com

Hal ini disebabkan karena kualitas grafis hingga gameplay yang tidak jauh berbeda dengan versi PlayStation-nya. Kalau smartphone Anda tidak memiliki spesifikasi tersebut, sebaiknya jangan meng-install game ini, ya, bisa-bisa smartphone Anda menjadi lamban dan cepat rusak.

 

2. Assassin’s Creed Identity
Tak jauh berbeda dengan GTA San Andreas, game Assassin’s Creed Identity akan menyuguhkan Anda kualitas grafis yang menakjubkan. Tak heran bila game ini membutuhkan smartphone dengan prosesor yang mendukung game high definition (HD), memori internal minimal 3 GB, dan RAM minimal 2 GB. Bila smartphone Anda tidak memiliki spesifikasi tersebut, dapat dipastikan bahwa game ini tidak dapat ter-install dengan baik.

 
Photo source: http://www.flickr.com

3. Vainglory
Game yang dikembangkan oleh Super Evil Corp ini akan memberikan pengalaman MOBA (Massive Online Battle Arena) gaming yang luar biasa untuk Anda. Game ini mungkin hanya memiliki ukuran 634 MB, namun setiap kali ada perbaruan, unduhannya bisa mencapai 50 MB per satu kali perbaruan.

 
Photo source: http://www.wikimedia.org

Jadi, semakin banyak perbaruan, game ini akan semakin memakan banyak memori internal smartphone Anda. Jika game ini dipaksakan untuk di-install, kerusakan juga dapat menyerang hardware Android Anda, lho.

 

4. The Bard’s Tale
The Bard’s Tale adalah salah satu game yang cukup populer di kalangan penggemar game online. Game dengan genre RPG (Role-Playing Game) ini memiliki durasi total untuk gameplay sebanyak 20 jam dan dapat memakan memori smartphone hingga 3,5 GB. Dengan durasi sepanjang itu, Anda yang memiliki smartphone Android yang cepat panas sebaiknya tidak perlu meng-install game ini. Karena dapat dipastikan nantinya LCD, RAM, memori, hingga prosesor smartphone dapat terkena dampaknya.


Photo source: http://www.play.google.com 

5. XCOM
Kualitas grafis yang sangat baik bahkan memukau ditawarkan oleh game hasil pengembangan dari 2K Inc ini. Karena itu, XCOM termasuk dalam game Android yang berat dengan ukuran mencapai 3,6 GB. Jika ingin meng­-install game ini, pastikan smartphone Anda memiliki ukuran RAM minimal 2 GB, prosesor minimal Dual Core, dan memori internal yang cukup.

 
Photo source: http://www.youtube.com

Jika Anda memaksakan untuk meng-install game ini di luar spesifikasi tersebut, berhati-hatilah karena bisa-bisa smartphone Anda akan mengalami hang, bootloop, bahkan bisa mati total. Tidak mau, dong, smartphone kesayangan rusak hanya gara-gara meng-install game yang tidak sesuai?