Sunday, April 05, 2020
Technology
Technology

HELP RENAKTA, Aplikasi Berbasis Android Bantu Cegah Kekerasan Pada Wanita dan Anak

Spectr News Theme Eskanisa Ramadiani
23, December 2019
668

HELP RENAKTA (Hak, Perlindungan dan Pelayanan Perempuan dan Anak) merupakan aplikasi berbasis Android yang merupakan hasil kerja sama antara Polda Metro Jaya dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

 

photo source: CheckInJakarta.doc

Aplikasi yang bisa diunduh secara gratis lewat Play Store ini bertujuan untuk membantu mencegah kekerasan terhadap perempuan dan anak sekaligus meningkatkan layanan bantuan bagi perempuan dan anak korban kekerasan.

 

photo source: CheckInJakarta.doc

Aplikasi ini dilengkapi dengan tiga fitur penting, yang pertama GPS guna mendeteksi keberadaan pemilik ponsel secara akurat, kedua ada fitur tombol darurat (panic button) sebagai permintaan pengiriman bantuan oleh pemilik ponsel. Pemilik ponsel yang menekan tombol ini akan didatangi oleh petugas polisi terdekat dari lokasi (sesuai GPS). Terakhir ada fitur jendela informasi berisi kumpulan informasi lengkap terkait bantuan hukum, panduan wajib untuk penyuluhan hukum korban kekerasan (kejahatan), dan anak hilang. HELP RENAKTA juga bisa digunakan oleh masyarakan untuk mendapatkan layanan kesehatan dan psikologis secara gratis selama 24 jam.

 

Eskanisa Ramadiani
Eskanisa Ramadiani
Journalist
Registration