< Tips

Hilangkan Noda Membandel pada Sepatu Putih dengan Bumbu Dapur Ini

Hilangkan Noda Membandel pada Sepatu Putih dengan Bumbu Dapur Ini

Tips

Popularitas sepatu berwarna putih di kalangan pecinta mode kembali mendominasi. Meski warnanya netral, namun tetap berhasil menarik atensi, bahkan sepatu putih khususnya sneakers menjadi versatile item yang dapat dipadupadankan dengan gaya apapun. Yang menjadi kendala adalah sepatu putih akan terlihat lebih cepat kotor. Tapi tenang! Berikut, cara membersihkan sepatu putih menggunakan bahan alami yang mudah ditemukan di rumah.

1. Sabun Cuci Piring

Sabun cuci piring memiliki daya pembersih yang kuat. Paduan komposisi surfaktan dan alkali pada sabun cuci piring membuat kotoran lebih mudah dibersihkan, termasuk kotoran di sepatu putih. Cara penggunaannya pun terbilang mudah, cukup mengoleskan sedikit sabun cuci piring pada bagian sepatu yang kotor dan digosok perlahan dengan spons, bilas dengan air hingga bersih.

2. Baking Soda

Baking soda sering digunakan untuk membuat kue, namun Anda juga bisa menggunakan bumbu dapur ini untuk membersihkan kotoran di sepatu putih kesayangan. Cara membersihkannya cukup dengan mencampurkan 1 tutup botol baking soda, 1 tutup botol detergen dan sedikit air hingga berbentuk seperti pasta. Oles sedikit demi sedikit pada bagian sepatu yang kotor, sikat perlahan dengan sikat gigi bekas pakai lalu bilas dengan air hingga bersih.

3. Cuka

Meski aromanya kurang sedap, cuka juga bisa menghilangkan kotoran membandel pada sepatu putih Anda. campur dua sendok makan cuka dengan satu sendol makan baking soda dan air hangat. Gunakan sikat gigi bekas pakai untuk meratakan campuran ketiga bahan tersebut pada bagian sepatu yang kotor. Sikat perlahan, bilas dengan sedikit air hingga bersih dan keringkan dengan suhu ruangan.