< Tips

Hindari 9 Perilaku Ini Agar Terlihat Pintar!

Hindari 9 Perilaku Ini Agar Terlihat Pintar!

Tips

Ada beberapa perilaku yang kita lakukan setiap harinya hingga menjadi kebiasaan. Padahal, tak terasa kebiasaan tersebut kurang baik dan dapat merubah persepsi orang lain terhadap diri kita. Dilansir dari Business Insider, ada 9 perilaku yang sebaiknya Anda hindari agar terlihat lebih pintar. Check it out!

1. Memegang Minuman Beralkohol
Sebuah studi menemukan bahwa seseorang yang memegang minuman beralkohol pada saat berfoto dipandang menjadi tidak lebih pintar daripada seseorang yang memegang segelas air putih. Maka dari itu, letakkan dahulu botol bir atau gelas cocktail Anda sebelum berfoto bersama teman-teman. 

2. Menggunakan Kata-Kata yang Berlebihan
Sekelompok peneliti mengadakan perbandingan antara penggunaan kata-kata yang rumit dan panjang dengan penggunaan kata-kata dalam kalimat yang lebih pendek. Hasilnya, responden menilai penulis yang menggunakan kata-kata pendek lebih pintar daripada penulis yang menggunakan kata-kata rumit. Karena itu hindari gunakan kata-kata yang rumit agar lebih mudah dimengerti oleh pembaca.

3. Salah dalam Menggunakan Ungkapan
Terkadang ada orang yang menggunakan ungkapan dalam berbicara. Namun ungkapan tersebut dapat memiliki arti yang berbeda dengan apa yang ingin dimaksud. Hindarilah penggunaan ungkapan jika tidak tahu pasti arti sebenarnya. 

4. Berjalan Terlalu Lambat atau Terlalu Cepat
Saat berjalan bersama teman atau rekan kerja, pastikan Anda memiliki tempo berjalan yang seirama dengan teman-teman lainnya. Hal ini diperlukan karena penelitian menyimpulkan seseorang yang berjalan terlalu lambat atau terlalu cepat adalah seseorang yang kurang kompeten. 

5. Menghindari Kontak Mata
Pada saat sedang gugup, seringkali kita menundukan kepala atau melihat ke arah lain pada saat berbicara dengan orang lain. Namun, tahukah Anda bahwa hal ini sangatlah tidak baik karena Anda akan dinilai tidak pintar bahkan bisa dicurigai sedang berbohong. Dengan melakukan kontak mata saat berbicara, Anda akan dinilai pintar karena yakin dengan apa yang Anda bicarakan. 

6. Menggunakan Kata Makian di Kantor
Selain tidak sopan, memaki di kantor adalah hal yang tidak baik karena karyawan lain atau bahkan atasan akan menilai Anda tidak pintar. Lebih baik simpan kata-kata kasar dalam diri Anda sendiri pada saat sedang stres. 

7. Mengerutkan Dahi
Mengerutkan dahi akan membuat wajah Anda terlihat galak dan tidak terlihat friendly. Memiliki wajah yang tersenyum akan membuat Anda terlihat pintar dan ramah. Selain itu, terlalu sering mengerutkan dahi akan mempercepat datangnya keriput di wajah Anda lho! 

8. Berbicara dengan Nada Monotone
Saat berbicara pun dibutuhkan nada-nada tertentu sebagai bagian dari ekspresi. Karena itu ketika Anda berbicara dengan datar atau monotone, Anda akan dinilai tidak semangat. Apalagi jika hal tersebut terjadi pada saat presentasi. Gunakan nada yang sesuai dengan kalimat Anda.

9. Ragu untuk Meminta Pendapat
Jangan pernah takut untuk bertanya ataupun meminta pendapat pada orang lain. Karena studi menemukan bahwa seseorang yang bertanya mengenai pendapat pada rekan kerjanya akan membuat orang tersebut terlihat lebih kompeten. Maka dari itu, jangan ragu untuk bertanya pada orang lain!