Wednesday, December 11, 2019
Community
Community

Indonesian Babywearers Ajarkan Cara Menggendong yang Benar

Spectr News Theme Isny Dewi R.
12, November 2019
186

Selain memberikan ASI eksklusif dan merawatnya, menggendong bayi juga sangat bermanfaat bagi ibu dan bayi. Mungkin Anda pernah mendengar istilah bayi yang sering digendong akan “bau tangan”? Atau jika sering digendong, bayi akan cengeng bila tak digendong. Mungkin begitulah ketakutan para ibu jika sering menggendong bayinya. Tapi, sekelompok ibu-ibu ini bisa membantu Anda mengetahui betapa penting dan bermanfaatnya menggendong bayi.

Komunitas Indonesian Babywearers (IBW) didirikan pertama kali oleh Yohana Habsari. Komunitas ini kini sudah tersebar di 45 kota di Indonesia, seperti Jabodetabek, Bandung, Kediri, Bali, Aceh, Banjarmasin, dan masih banyak lagi. IBW sendiri didirikan karena ingin berbagi informasi ke para ibu tentang bagaimana cara menggendong bayi yang baik dan benar. Yohana mengaku, ia mendirikan komunitas ini juga karena terinspirasi dari dirinya sendiri yang sering kerepotan dan merasa pegal saat ia menggendong tanpa ilmu.

Salah satu hal yang harus diperhatikan adalah kenyamanan antara ibu dan bayi, karena menggendong bayi juga dapat memengaruhi pertumbuhan bayi terutama bagian tulang belakang. Selain untuk kesehatan, menggendong bayi juga dapat menciptakan ikatan yang baik antara ibu dan bayi.

Tak hanya membicarakan manfaat, komunitas ini juga mengajari para ibu bagaimana cara menyimpulkan jarik atau kain gendongan yang benar. Posisi menggendong juga harus diperhatikan, mulai dari bayi yang baru berusia beberapa hari hingga yang sudah berumur lebih dari satu tahun.

Keuntungan yang didapatkan oleh para ibu yang bergabung dengan Indonesian Babywearers adalah mereka bisa saling mencoba menggendong bayi dengan jenis gendongan yang berbeda. Sehingga jika ada pertemuan, ibu-ibu bisa saling mengingatkan dan belajar.

Website: www.indonesianbabywearers.com
Facebook: Indonesian Babywearers
Email: indonesianbabywearer@gmail.com

 

Top Photo Source: Instagram @indonesian.babywearers

Isny Dewi R.
Isny Dewi R.
Journalist
Registration