< Recreation

Ingin Berlibur? Kunjungi Spot Andalan di 5 Kota Berikut Ini!

Ingin Berlibur? Kunjungi Spot Andalan di 5 Kota Berikut Ini!

Recreation

We only live once! Sementara Indonesia punya banyak pilihan spot mempesona yang sayang jika Anda lewatkan. Karena itu, Check In Jakarta membagikan kompilasi tempat-tempat wisata favorit yang bisa Anda datangi di 5 kota. Check out on this article and happy exploring!

1. Bandung
Bandung punya banyak spot andalan yang mungkin sudah familiar di kamus wisata Anda. Tapi, tunggu sampai Anda mengenal Farmhouse Lembang Bandung atau lebih dikenal dengan FarmHouse Susu Lembang yang hadir sejak bulan Desember 2015 lalu.

Masuk ke tempat ini, Anda akan mendapat welcome drink susu Lembang gratis hanya dengan menukarkan tiket masuk seharga Rp20.000,-. Mengusung tema perkebunan dan peternakan bergaya Eropa, di tempat ini juga terdapat taman bunga, rumah hobbit, dan sejumlah rumah binatang yang memungkinkan Anda membawa si kecil berinteraksi langsung dengan kelinci, aneka burung, sugar glider, iguana, dan lainnya.

Yang juga menjadi daya tarik tempat ini adalah jembatan gembok cinta ala Korea. Dimana Anda dan pasangan bisa memasang gembok yang dituliskan nama pasangan masing-masing, yang sebelumnya bisa Anda beli di toko souvenir Peony & Pine yang juga terdapat di FarmHouse.


Photo source: http://wisatalembangbandung.com

Nah, untuk yang ingin berwisata alam di Bandung, siapkan kamera Anda untuk berfoto di Tebing Keraton. Yang dikenal sebagai spot Instagrammable di Dago dengan keindahan panorama alamnya.

Dago juga punya banyak kafe elegan tapi tetap lekat dengan pemandangan hijau, seperti Lawang Wangi Creative Space, Armor Kopi, dan Lisung Café.

Untuk pilihan akomodasi, Grafika Cikole Lembang cocok untuk Anda yang ingin menginap dengan suasana camping di tengah asrinya hutan pinus, atau Glamping (glamour camping) Legok Kondang Lodge di Ciwidey yang menawarkan kemah dengan fasilitas bintang lima! Pilih mana, hayo?

Photo source: Instagram (@officialgrafika)

2. Bogor
Berkunjung ke Bogor, Anda akan puas berwisata kuliner di Kota Hujan ini. Salah satu spot-nya berada di sepanjang Jl. Surya Kencana, dimana Anda akan menemukan sederet makanan khas Bogor. Sebut saja Soto Kuning, Tauge Goreng, Ngo Hiang (semacam rolade yang terbuat dari campuran daging babi, udang dan sagu), dan Pepes Sagu Pisang. 

Macaroni Panggang (MP) yang terletak di Jl. Salak No. 24 juga menjadi favorit para pewisata yang berkunjung ke Bogor sambil berbelanja oleh-oleh di tempat ini. Menu makaroni panggangnya memang spesial, begitu pula dengan Lasagna Gulung dan pilihan steak-nya.

Bagi Anda yang ingin cemilan manis, MP juga punya Onbijtkoek dan Biskuit Kayu Manis. Cocok untuk menghangatkan tubuh saat udara Bogor sedang dingin.

Nah, untuk yang ingin kongkow di kafe hits-nya Bogor, langsung saja ke Lemongrass, yakni kafe dengan menu modern kopitiam yang terletak di Jl. Raya Pajajaran No. 21, Bogor Utara.

Perpaduan antara nuansa modern dengan interior kayu dengan sentuhan alam berupa taman dan kolam kecil akan membuat Anda terlena dan tak ingin cepat-cepat meninggalkan Bogor.


Photo source: http://www.thehighlandparkresortbogor.com

Untuk wisata di Bogor, pasti Anda sudah familiar dengan Puncak, kan? Ada juga Museum Etnobotani dan Museum Pembela Tanah Air untuk menambah wawasan Anda dan keluarga.

Anda juga bisa merasakan menginap dalam tenda-tenda cantik ala negara Mongolia di The Highland Park Resort. Selain bermalam, Anda juga bisa bermain flying fox, mini golf, biliar, sampai menunggang kuda dan bermain air di waterbom!

The Highland Park Resort
Jl. Curug Nangka, Kp.Sinarwangi, Sukajadi, Kec.Tamansari - Kab.Bogor 16610 Jawa Barat
Ph: +62 251 848 5 777 / +62 855 8132 999 (24 Hours for FIT Reservations) / +62 855 8333 888 (Group Reservations)
Website: http://www.thehighlandparkresortbogor.com

E-mail : reservation@thehighlandparkresortbogor.com

3. Yogyakarta
Salah satu yang menggambarkan Kota Yogyakarta adalah Gunung Merapi. Nah, bagi Anda yang ingin mengenal gunung ini lebih dekat, bisa mencoba Merapi Lava Tour dimana Anda akan mengelilingi lereng Gunung Merapi menggunakan mobil jip untuk menyaksikan sisa erupsi Merapi sejak tahun 2010.

Anda bisa memulai perjalanan dari kawasan Tlogo Putri Kaliurang atau dari Basecamp Kinahrejo. Paket yang ditawarkan pun bermacam jenisnya, mulai dari short trip sampai long trip dan ada juga yang bisa dimulai dari sunrise.

Beberapa spot yang bisa Anda datangi dengan tour ini antara lain Mini Museum Sisa Harta di Desa Petung, Bunker Kaliadem, makam Mbah Maridjan, dan Batu Wajah atau Batu Alien. 

Photo source: http://lavatourmerapi.blogspot.com

Jalanan yang berbatu tentu menambah keseruan perjalanan ini sehingga Anda bisa merasakan suasana off-road yang tak terlupakan. Tunggu sampai Anda menyebrangi sungai berbatu dengan jip. So thrilling and fun! Tersedia banyak jip dengan penawaran paket yang berbeda, dengan harga mulai dari Rp350.000,- sampai Rp600.000,- sudah termasuk dengan supir jip yang merangkap pemandu wisata. Kapan lagi bisa foto-foto dengan pemandangan hamparan batuan yang luas sekaligus menikmati alam? Untuk kulineran, selain gudeg yang sudah populer, Anda juga harus mencoba ayam geprek khas Jogja!

4. Bali
Tahukah Anda kalau Bali masih memiliki pulau tersembunyi yang masih jarang terjamah orang, yakni Nusa Lembongan? Untuk sampai di pulau ini, Anda memang perlu menempuh jalan laut sekitar 45 menit dari Kota Bali. Namun semua akan terasa worth it sesampai Anda di pulau ini!

Mulai dari Bukit Panorama dimana Anda bisa memanjakan mata dengan pemandangan pulau Nusa Lembongan dan Gunung Agung sampai Pantai Dream Beach yang menjadi tempat favorit untuk surfing, Devil’s Tear dimana Anda bisa menyaksikan pemandangan ombak laut yang memecah tebing karang, sampai Mushroom Beach yang dikenal dengan Kuta-nya Nusa Lembongan karena memiliki jejeran kafe-kafe di pinggir pantai. Nusa Lembongan juga dikenal dengan pertanian rumput laut terbesar di Bali, lho!

Photo source: http://www.flickr.com

Untuk Anda yang tak bisa berenang tapi ingin mengeksplorasi dunia bawah laut, Bali Seawalker yang terletak di Jl. By Pass Ngurah Rai No. 5, Sanur, Denpasar, bisa Anda sambangi untuk berjalan di dasar laut tanpa harus berat-berat membawa dive tank.

Ingin mencoba beach club yang memungkinkan Anda menaiki inclinator untuk mencapai lokasinya? Finn’s Beach Club yang berada di bawah tebing Semara Luxury Villa Resort adalah tempatnya.

Mara River Safari Lodge yang terletak di Bali Safari & Marine Park juga bisa menjadi pilihan akomodasi untuk Anda yang ingin terbangun disambut dengan pemandangan hewan eksotis Afrika.

Terakhir, jika bosan dengan suasana pantai di Bali, kawasan Ubud yang digemari oleh wisatawan mancanegara menjadi tempat yang wajib Anda singgahi karena Ubud menyajikan suasana hijau pegununungan dan juga hutan. Antara lain area hutan lindung Ubud Monkey Forest, berjalan santai di Campuhan Ridge Walk, atau hunting foto teras sawah di Desa Tegallalang. Such a different way to maximize your holiday in Bali!

Photo source: http://marariversafarilodge.com

5. Lombok
Bagi Anda yang ingin menyejukkan jiwa di hamparan pasir putih dan air laut yang masih jernih di bawah langit biru, tiga pulau andalan Lombok yakni Gili Air, Gili Meno, dan Gili Trawangan bisa Anda tempuh selama 30 menit dari Kota Lombok.
Selain berenang di pantai, snorkelling, diving, ataupun olahraga kayak, ketiga pulau tersebut memiliki ciri khas masing-masing.

Gili Trawangan bisa dibilang yang paling favorit dibanding yang lainnya. Mulai dari keluarga yang membawa anak-anak sampai anak muda yang ingin bersantai di spot nightlife-nya.

Apalagi untuk para pasangan yang mengincar ayunan pasangan di Gili Trawangan yang foto-fotonya sudah booming di Instagram. Ayunan yang terletak di tepi pantai Gili Trawangan ini memang menjadi tujuan para pasangan untuk bersantai sambil melihat matahari tenggelam. Romantis, bukan?

Sementara Pulau Gili Meno menawarkan atmosfer yang lebih tenang. Lain lagi dengan Gili Air yang letaknya paling dekat dengan Kota Lombok, sehingga Anda bisa menemukan lebih banyak pohon dan penduduk lokal di sini. Langsung saja booking tiket untuk meluncur ke Pulau Gili tujuan Anda!

Photo source: http://www.flickr.com