< Tips

Ingin Lebih Percaya Diri? Ikuti 7 Cara Ini!

Ingin Lebih Percaya Diri? Ikuti 7 Cara Ini!

Tips

Kepercayaan diri menjadi faktor penting bagi Anda yang akan menghadapi wawancara kerja ataupun meeting dengan klien. Menurut Susie Timlin, Direktur Global Hays Talent Solutions, orang yang percaya diri dapat berkembang dalam lingkungan kerja. Karena itu simak 7 cara di bawah ini agar lebih percaya diri!

1. Berpura-pura untuk Percaya Diri
Jika Anda menganggap diri Anda sendiri bukanlah seseorang yang percaya diri, berpura-puralah untuk percaya diri. Percayalah, ketika Anda sedang berpura-pura, Anda sudah bisa terlihat percaya diri. Dengan membiasakan diri seperti ini, kepercayaan diri Anda akan meningkat sedikit demi sedikit. 

2. Berkomunikasi dengan Jelas
Banyak orang mengira bahwa percaya diri dapat dinilai ketika seseorang yakin dengan apa yang dibicarakannya. Ternyata tidak, itu tergantung dengan apa yang ditanggapi oleh orang lain. Jadi berkomunikasilah dengan jelas, seperti berbicara dengan kecepatan yang tetap dan mudah dipahami, jaga eye contact dengan lawan bicara, dan hindari penggunaan kata ‘mungkin’ karena ini menandakan keraguan dalam pembicaraan Anda. 

3. Gunakan Selera Humor
Humor dapat memecahkan segala suasana, karena itu gunakan selera humor yang baik. Seorang pelawak juga terlihat sangat percaya diri, bukan? Karena menjadi seseorang yang lucu sama saja dengan mengambil risiko. Sifat humor sama seperti kepercayaan diri, yaitu menular. Jadi sebarkanlah di saat yang tepat. 

4. Tentukan Mentor
Jika Anda masih susah untuk percaya diri, tunjuk orang lain untuk menjadi mentor atau pengajar Anda. Mentor di sini berfungsi untuk mengingatkan apa yang harus Anda lakukan dan bagaimana cara mencapainya. Ini membantu agar Anda bisa menjadi ambisius setiap saat. Sebut saja orang tua, sahabat, ataupun pasangan bisa menjadi mentor Anda sekaligus menjadi support system. 

Photo source: http://www.pixabay.com

5. Usahakan Selalu Merasa Nyaman
Merasa nyaman akan meningkatkan kepercayaan diri Anda. Sebagai contoh, kenyamanan dalam menggunakan busana untuk wawancara kerja. Pilihlah busana yang memang Anda merasa nyaman saat mengenakannya, tentu saja disesuaikan dengan kerapian dan kesopanan. Bayangkan Anda harus memakai baju yang Anda tidak suka hanya untuk memberikan kesan tertentu pada orang lain. Sungguh tidak nyaman, bukan? 

6. Persiapkan Diri
Ketika akan meeting atau melakukan presentasi di hadapan rekan-rekan kerja, persiapkanlah diri Anda sebaik mungkin. Tanamkan mindset bahwa Anda siap tampil dengan menyiapkan segala sesuatunya dengan baik. Ketika Anda merasa sudah siap, rasa percaya diri dengan otomatis akan timbul. 

7. Berpikir Positif
Yup! Berpikir positif akan mengusir segala prasangka buruk dalam diri Anda. Ketika pikiran negatif mulai menghampiri, segera usir pikiran tersebut agar tidak mempengaruhi kepercayaan diri Anda.