< Tips

Ingin Membeli Hammock? Simak 4 Tips ini!

Ingin Membeli Hammock? Simak 4 Tips ini!

Tips

Hammock atau tempat tidur gantung yang biasa diikatkan ke pohon merupakan salah satu barang bawaan yang tak boleh ketinggalan saat Anda hendak pergi camping, hiking, atau ke pantai. Dengan bahan kain yang tipis dan ringan, membuat barang ini mudah dibawa dan dimasukkan ke dalam tas. Berikut 4 tips cara memilih hammock yang baik.

1. Jahitan
Setelah diikatkan di dua pohon dan dibentangkan, hammock dapat digunakan untuk tiduran ataupun duduk. Jahitan pada barang yang tengah nge-hits ini merupakan salah satu titik kelemahan yang harus Anda ketahui. Seringkali kerusakan pada hammock disebabkan oleh benang dan proses penjahitan yang tidak sesuai dengan bahan pada hammock itu sendiri.

Anda bisa meraba dengan tangan guna merasakan tekstur jahitannya. Jika tekstur terasa tajam, berarti jahitan itu kurang baik. Normalnya, jahitan yang direkomendasikan untuk hammock sendiri sebanyak tiga lapis.

2. Memudahan Pertukaran Udara
Salah satu manfaat hammock adalah dapat digunakan untuk tidur. Pemilihan bahan yang tepat sangat menentukan kenyamanan hammock saat digunakan untuk tidur. Bahan yang paling nyaman adalah bahan yang memudahkan pertukaran udara, sehingga badan tidak mudah berkeringat.

Sebaiknya memilih hammock yang berbahan parasut silk. Secara kekuatan, bahan ini tidak perlu diragukan karena sering digunakan untuk membuat parasut.

Cara untuk mengetahui apakah bahan hammock memudahkan pertukaran udara atau tidak adalah dengan menempelkan hidung dan mulut Anda ke hammock hingga menutupi wajah. Lalu tekan dan hirup napas. Jika Anda kesulitan bernapas, berarti bahan tersebut tidak memungkinkan untuk pertukaran udara.

3. Tali Pengait
Bersantai menggunakan hammock sebenarnya merupakan kegiatan yang berisiko. Salah satu faktor yang perlu diperhatikan adalah tali pengait. Jenis tali yang paling direkomendasikan adalah yang menggunakan bahan nilon. Menurut ahli hammock, tali nilon dapat menahan beban hingga 450 kg. Keunggulan tali nilon lainnya adalah jika mengalami gesekan dengan benda kasar masih terdapat ruang di antara serat-serat nilon yang putus.

4. Panduan dan Garansi
Ketika hendak membeli hammock, cermati juga panduan keterangan dan garansinya. Hammock berkualitas baik dan sudah terpercaya, akan mencantumkan panduan keterangan informasi dan memberikan garansi.

Panduan keterangannya berisikan informasi mengenai bahan, kapasitas berat, bahan besi pengait, berat, ukuran dan jenis tali pengait yang digunakan pada hammock itu sendiri. Sedangkan garansi hammock bagi para wisatawan biasanya berupa waktu, servis, hingga penukaran barang jika ada kerusakan.

Jadi bagi yang sudah tak sabar ingin membeli barang yang satu ini, pastikan tips-tips di atas sudah Anda ketahui.