< Marketing

Ingin Produk Anda Laku? Jangan Abaikan Kemasan Produk

Ingin Produk Anda Laku? Jangan Abaikan Kemasan Produk

Marketing

Ada peribahasa “Don’t judge a book by its cover”. Tapi untuk sebuah produk, pastinya konsumen akan melihat kemasan luarnya terlebih dahulu sebelum akhirnya memutuskan untuk membeli, kan? Karena itu, jangan abaikan kemasan produk yang Anda jual agar produk Anda laku. Simak 5 hal penting untuk kemasan produk di bawah ini!

1. Jangan Ragu Memilih Bahan yang Berkualitas
Bahan pengemas produk erat kaitannya dengan masa simpan produk. Karena itu Anda tak perlu ragu memilih bahan pengemas yang paling tepat sesuai dengan jenis produk yang Anda jual.

Sedikit lebih mahal tidak apa-apa, asalkan tepat guna. Anda tentu tidak ingin mendapat komplain dari pelanggan karena produk keripik yang Anda jual sudah melempem sebelum masa akhir kadaluarsanya, bukan?

Photo source: http://flickr.com

2. Desain Nomor Satu
Desain produk yang menarik tentunya akan memancing rasa penasaran konsumen. Desain tersebut juga akan meyakinkan konsumen akan kualitas produk Anda.

Dengan desain yang apik, produk Anda juga bisa memunculkan rasa maklum konsumen jika Anda menjualnya dengan harga mahal, lho. Nah, apalagi jika Anda menjual dengan harga yang terjangkau tapi tetap menonjolkan desain yang unik. Tentunya produk Anda akan semakin populer! Dan psst… Pastikan Anda memiliki desain yang orisinil, ya.

3. Variasikan Ukuran Kemasan
Tidak semua konsumen membutuhkan kemasan dengan ukuran besar. Apalagi kalau produk Anda adalah produk baru. Besar kemungkinan calon konsumen Anda akan mencoba produk dalam kemasan kecil terlebih dahulu, jika sesuai barulah selanjutnya membeli ukuran yang lebih besar. Beberapa konsumen juga mengutamakan harga yang lebih murah dengan membeli ukuran kemasan yang lebih kecil.

Photo source: http://flickr.com

4. Sesuaikan dengan Target Pasar
Yup, Anda bisa mencocokkan kemasan dengan target pasar yang dituju, seperti jenis kelamin, usia, atau komunitas tertentu.

Anda bisa menonjolkan karakter dari masing-masing target pasar tersebut. Misalnya kemasan dengan warna-warna yang fun untuk anak-anak, kemasan bernuansa feminin untuk produk yang ditujukan untuk kaum wanita, atau hitam dengan nuansa maskulin untuk pria, dan lain-lain.

5. Jangan Abaikan Keamanan
Jika produk Anda adalah makanan, tentunya Anda harus memilih bahan kemasan yang memiliki food grade. Atau jika produk Anda dilengkapi dengan adanya silica gel, sebaiknya Anda menyertakan tulisan bahwa bahan tersebut tidak untuk dikonsumsi.

Anda juga wajib untuk mencantumkan masa kadaluarsa produk, ya. Berikan juga cara penyimpanan produk sehingga konsumen tahu cara menjaga kualitas produk.

Untuk lebih lengkapnya, Anda juga bisa mencari tahu syarat keamanan kemasan pangan di Indonesia berdasarkan BPOM RI. Selamat meraup untung dari kemasan produk Anda!