< Marketing

Ingin Sukses Melakukan Instagram Marketing? Ikuti 5 Cara Ini!

Ingin Sukses Melakukan Instagram Marketing? Ikuti 5 Cara Ini!

Marketing

Instagram marketing merupakan salah satu teknik marketing yang patut diperhitungkan semenjak Instagram memperkenalkan Carousel sebagai bagian dari periklanan di Instagram pada akhir tahun 2015 lalu. Carousel membuat akun Instagram Anda akan lebih dilihat oleh banyak orang. Nah, agar tidak hanya dilihat saja, ikuti cara-cara di bawah ini untuk memikat pembeli dari Instagram!

1. Buat Foto yang Menarik
Karena Instagram merupakan media sosial untuk berbagi foto dan video, tentu saja Anda sebagai pebisnis yang melakukan marketing di Instagram harus membuat foto semenarik mungkin. Anda juga bisa membuat foto yang shareworthy, maksudnya adalah foto yang membuat orang-orang ingin me-share foto tersebut. Dengan menyisipkan produk atau nama brand Anda, hal ini juga dapat meningkatkan brand awareness bagi yang melihatnya.

2. Letakkan Link di Bio Instagram
Karena caption pada Instagram tidak bisa membuat link diklik langsung, Anda bisa menaruh link tersebut pada bagian bio Instagram Anda. Dengan ini saat Anda meng-upload foto, Anda bisa menyertakan caption seperti “Klik link di bio kami” atau “Untuk info selengkapnya bisa klik link di bio kami” yang bisa diikuti dengan konten yang sesuai dengan link tersebut. Link yang dimaksud di sini bisa langsung mengarah ke landing page, website, atau artikel sebagai konten bisnis Anda. 

3. Manfaatkan Trending Hashtag
Hashtag juga bermanfaat agar para pengguna Instagram dapat dengan mudah menemukan postingan yang ingin dicari. Nah, apabila hashtag yang sedang trending berkaitan dengan produk Anda manfaatkanlah hashtag tersebut. Hashtag dapat menjadi satu bentuk kampanye terhadap produk Anda. 

4. Upload Video
Karena Instagram tak hanya untuk foto, Anda bisa memanfaatkannya dengan meng-upload video. Anda pun harus sekreatif mungkin karena video di Instagram hanya berdurasi 15 detik saja. Audiens tentunya akan lebih tertarik dengan konten video daripada hanya foto saja. Anda bisa menyisipkan humor di dalam video tersebut untuk lebih menghibur atau sesuaikan dengan produk Anda. 

5. Review Produk
Yang paling penting untuk Anda para pebisnis online, jangan lupa sertakan review produk Anda dari para customer yang sudah membeli atau berpengalaman dengan produk atau jasa Anda. Dengan ini Anda bisa membuktikan bahwa Anda adalah perusahaan yang terpercaya, sehingga para calon customer Anda selanjutnya bisa lebih yakin ketika akan membeli produk atau jasa Anda.