< Shopping

Ingin Tampil dengan Gaya Vintage? Datangi 3 Pasar ini

Ingin Tampil dengan Gaya Vintage? Datangi 3 Pasar ini

Shopping

Masyarakat urban saat ini mungkin tidak menyangka jika gaya vintage kembali hits. Terbukti, dengan bermunculannya vintage floral dress yang cocok dikenakan untuk bekerja maupun bersantai.

Gaya fashion vintage era 20 sampai 60-an juga cukup erat dengan warna soft dan gaya feminim. Desainnya tak lepas dari motif bunga, polkadot dan garis-garis, termasuk kerah bulat berpita yang menjadi ciri khas setiap busana era 60-an. Selain dress, rok A-Line atau flared skirt juga menghiasi masa-masa kejayaan era vintage. Ingin mencoba gaya yang kembali hits ini? Berikut surganya pakaian vintage yang wajib Anda kunjungi.

1. Passer Baroe

photo source: mediaindonesia.com

Ingin berburu barang vintage di tempat yang nyaman? Pasar Baru jawabannya. Kini dengan fasilitas pendingin ruangan, Anda bisa meluangkan waktu yang lama untuk membongkar tumpukan sisa pakaian ekspor hingga menemukan pakaian yang Anda suka di Metro Plaza, Pasar Baru, Jakarta Pusat.

Sedikitnya, terdapat 150 toko memadati lantai 3 Metro Plaza yang menawarkan ragam pakaian vintage dengan harga super terjangkau mulai dari Rp 10.000-an. Kebanyakan dress vintage yang dijual merupakan paduan serasi antara warna-warna pastel dengan sentuhan floral warna cerah.

Disini, Anda juga dapat menemukan kemeja kotak-kota (flannel) hingga jaket kulit asli mulai dari puluhan ribu hingga satu juta rupiah per potong. Selain memerlukan kesabaran dan ketelitian saat berbelanja, Anda juga harus jago menawar. Jika tidak jago, ajak teman yang luwes melancarkan jurus tawar menawar.

Metro Atom Plaza, Passer Baroe

Metro Atom Plaza, Lantai 3, Jl. K. H. Samanhudi, Pasar Baru, Jakarta Pusat

Jam buka: 09.00 – 17.00 WIB

2. Pasar Senen

photo source: liputan6.com

Kunci utama untuk dapat menemukan pakaian vintage di Pasar Senen adalah kegigihan. Mencari ‘harta karun’ di dalam banyak tumpukan tentu bukan perkara mudah. Namun, justru disitulah sisi menariknya. Meski yang dijual baju sisa ekspor, kondisinya masih cukup bagus. Mereknya pun tidak perlu diragukan lagi, Anda dapat dengan mudah menjumpai merek-merek ternama luar negeri, seperti GAP, Uniqlo, Zara, Abercrombie&Fitch, Hollister hingga Old Navy dengan harga terjangkau, mulai dari Rp 10.000-an.

Kebanyakan dress vintage yang dijual merupakan long dress berwarna pastel dipenuhi dengan bunga-bunga mawar berwarna merah muda. Tidak heran jika Pasar Senen menjadi tempat favorit berburu pakaian vintage banyak fashion blogger. Sangat disarankan untuk datang pagi hari agar memiliki cukup waktu untuk berburu dan berbelanja.

Pasar Senen

Jl. Pasar Senen, Jakarta Pusat 10460

Jam buka: 08.00 – 18.00 WIB

3. Pasar Poncol

photo source: lifestyle.sindonews.com

Beranjak tak jauh dari Pasar Senen, ada satu pasar lagi untuk memenuhi hasrat Anda berburu pakaian vintage. Pasar Poncol, dekat rel kereta api Stasiun Senen, menjual berbagai pakaian dan aksesoris vintage dengan harga lebih miring. Selain itu, terdapat pula pernak-pernik rumah yang kualitasnya masih oke.

Vintage dress-nya kebanyakan berwarna dasar putih yang dipenuhi dengan bunga-bunga dan dedaunan. Ada pula vintage dress yang sangat girlie, dimana dress-nya penuh dengan bunga-bunga dengan model jadul.

Saat berkunjung ke Pasar Poncol, perhatikan barang bawaan Anda, jangan sampai lengah. Disarankan untuk mengenakan pakaian senyaman mungkin, yang menyerap keringat, sebab tempatnya tidak dilengkapi dengan pendingin ruangan. Selain itu, tawar harga serendah mungkin.

Pasar Poncol

Jl. Kali Baru Barat No. 1, Senen, Jakarta Pusat 10460

Jam buka: 7.00 – 17.00 WIB