< FYI

Ini Benda yang Harus Dipersiapkan Saat Antisipasi Bencana

Ini Benda yang Harus Dipersiapkan Saat Antisipasi Bencana

FYI

Tidak ada seorang pun yang bisa memprediksi kapan terjadinya bencana alam. Namun, bukan berarti kita tidak bisa mengantisipasi hal tersebut. Ada beberapa barang yang wajib Anda simpan dalam tas yang siap dibawa atau diamankan saat terjadi bencana, seperti di bawah ini:

1. Fotokopi Dokumen Pribadi

Dokumen pribadi seperti akta lahir, kartu keluarga (KK), kartu tanda pengenal (KTP), polis asuransi dan dokumen penting berharga lainnyawajib difotokopi dan disimpan dalam plastik dokumen berbahan tebal dan disertai dengan mekanik penutup penjepit sehingga aman dari air. Anda juga bisa men-scan dokumen penting tersebut dan menyimpannya dalam perangkat penyimpanan data atau layanan penyimpanan online yang lebih aman.

2. Kotak P3K

Pilih kotak obat yang ukurannya tidak terlalu besar sehingga tidak memakan terlalu banyak tempat di dalam tas, namun bisa menampung banyak obat-obatan penting, seperti gunting, alkohol, obat merah, plester luka, perban, masker dan obat-obatan lain khusus bagi yang memiliki riwayat penyakit tertentu.

3. Makanan dan Air

Pilih makanan yang mengandung karbohidrat dan protein tinggi, seperti kurma, kacang-kacangan, biskuit dan gula merah. Air kemasan juga wajib disimpan dalam tas jika saat terjadi bencana tidak dijumpai sumber air yang layak minum.

4. Senter

Pilih senter tahan air yang ringan dan mudah digenggam dengan satu tangan. Pastikan jika senter yang Anda miliki memiliki fitur kedip untuk membantu menginformasikan lokasi Anda saat berada dalam kondisi darurat.

5. Pakaian

Pilih pakaian yang mudah digunakan, seperti baju lengan panjang, jaket, yang bisa melindungi tubuh dari sinar matahari maupun udara dingin lengkap dengan pakaian dalam. Untuk tambahan, Anda juga bisa menyimpan selimut yang tidak terlalu tebal, agar mudah dibawa dan dimasukan ke dalam tas.