Thursday, October 17, 2019
FYI
FYI

Ini Benda yang Tidak Boleh Anda Bawa saat Traveling ke Luar Negeri

Spectr News Theme Eskanisa Ramadiani
26, September 2019
131

Setiap negara memiliki aturan berbeda terkait dengan barang-barang apa saja yang boleh dan tidak boleh dibawa. Nah, agar liburan Anda ke negara impian tidak terganggu, hindari membawa benda-benda seperti yang tertera di bawah ini.

1. Zat Cair di atas 100 ml

Setiap wisatawan pasti punya cara untuk berhemat, termasuk membawa air minum, body lotion, sabun, sampo atau minyak wangi sendiri. Pastikan isi cairan barang-barang tersebut tidak lebih dari 100 ml dan tidak menggunakan botol berbahan plastik untuk mengurangi risiko menggelembung karena tekanan udara yang tidak stabil dalam pesawat. Namun, hal tersebut tidak berlaku untuk penumpang yang membawa obat-obatan (cair) yang dilengkapi dengan surat dokter dan barang yang dibeli di duty free bandara (diberi tanda khusus). Sayangnya, barang-barang yang ada di duty free dipatok harga cukup tinggi. Solusi mudahnya, gunakan travel pouch yang ukurannya di bawah 100 ml dan diletakkan di bagasi check in.

2. Produk Hewani

Produk hewani (dan produk olahannya) seperti daging segar, susu (kecuali susu bayi), dan keju tidak diperkenankan masuk ke dalam kabin pesawat. Alasannya, produk hewani mengandung bakteri pathogen yang menyebabkan gangguan kesehatan (infeksi).

3. Benda dan Senjata Tajam

Benda tajam seperti gunting kecil, gunting kuku, silet, pisau lipat dan senjata tajam lainnya pasti akan langsung disita petugas saat melewati pemeriksaan di bandara. Jika memang Anda diharuskan membawa benda atau senjata tajam (untuk kepentingan pekerjaan) selama perjalanan ke luar negeri, disarankan untuk menyertakan surat keterangan dari pihak berwajib.

 

Eskanisa Ramadiani
Eskanisa Ramadiani
Journalist
Registration