Friday, August 23, 2019
Tips
Tips

Ini Cara Sederhana Menghilangkan Stres

Spectr News Theme Eskanisa Ramadiani
26, March 2019
503

Anda mungkin tidak menyadari ada banyak hal yang membuat Anda stres. Istirahat tidak teratur, terlalu lama berkutat dengan gawai dan lembur bisa menjadi penyebab stres. Menurut penelitian yang dilakukan oleh Harvard University, stres berdampak buruk pada kesehatan, baik mental maupun fisik, seperti migrain dan jantung. Namun, tidak perlu khawatir, ada beberapa cara sederhana yang bisa Anda lakukan saat merasa stres. Penasaran?

1. Istirahat

Kurang istirahat bisa memicu stres, begitu pula sebaliknya, stres membuat banyak orang sulit tidur. Istirahat sejenak terbukti efektif menghilangkan stres dan mampu membantu Anda kembali fokus pada aktivitas yang sedang dilakukan. Luangkan waktu selama lima menit untuk memejamkan mata. Agar lebih cepat terlelap, disarankan untuk minum segelas susu hangat atau menyalakan lilin aromaterapi.

2. Bergerak

Menggerakkan tubuh juga dapat menghilangkan stres. Anda bisa sekedar berjalan-jalan, segera tinggalkan tempat atau ruangan untuk menghirup udara segar. Anda juga bisa mencoba melakukan gerakan yoga, tidak perlu terlalu lama, lima menit saja cukup untuk melepaskan endorphin dan meningkatkan suasana hati.

3. Matikan Gawai

Menonaktifkan gawai merupakan cara sederhana untuk mengurangi stres. Namun, tidak sedikit orang yang tidak bisa melakukan hal tersebut terkait dengan pekerjaannya. Di samping dengan menonaktifkan gawai, Anda juga bisa mengaktifkan mode diam untuk mendapatkan suasana yang tenang dan kondusif untuk beristirahat sejenak. Akan jauh lebih baik jika Anda bisa menjadwalkan cuti menggunakan gawai setidaknya di akhir pekan agar terhindar dari stres dan lelah akibat pekerjaan.

 

Eskanisa Ramadiani
Eskanisa Ramadiani
Journalist
Registration