< Technology

Ini Dia 5 Hal yang Membedakan iPhone X dan iPhone 8

Ini Dia 5 Hal yang Membedakan iPhone X dan iPhone 8

Technology

Pada bulan September lalu, Apple baru saja merillis tiga iPhone terbaru mereka, iPhone 8, iPhone 8 Plus, dan iPhone X (disebut sebagai iPhone 10). Pengumuman ini sempat membuat heboh masyarakat dunia.

Alih-alih memperkenalkan iPhone 7s, perusahaan asal Negeri Paman Sam itu justru langsung memperkenalkan iPhone 8 dan iPhone X. iPhone 8 merupakan penerus langsung dari iPhone 7 yang rilis tahun lalu. Sedangkan, iPhone X dibuat sebagai penanda iPhone sudah berkiprah selama 10 tahun. Lantas, apa yang membedakan kedua seri terbaru itu?

Untuk menjawab pertanyaan di atas, berikut ulasan mengenai apa saja yang membedakan iPhone X dan iPhone 8 dikutip dari laman CNET.

1. Layar
Untuk pertama kalinya, Apple menggunakan layar OLED (Organic Light-Emitting Diode) pada seri iPhone X. Sedangkan iPhone 8 dan iPhone 8 Plus masih memakai layar IPS LCD. Penggunaan layar OLED ini menghasilkan rasio kontras hingga mencapai 1.000.000:1.

Adapun di layar OLED yang disebut sebagai Super Retina HD Display ini dapat menghasilkan warna hitam yang sangat pekat. Selain tampilannya menjadi semakin menggiurkan, penggunaan OLED juga membuat konsumsi baterai lebih tahan lama.

2. Lensa
Meski keduanya mengusung lensa ganda, iPhone X lebih unggul ketimbang iPhone 8. Ini karena Apple membekali iPhone X dengan Optical Image Stabilization (OIS) di kedua lensa. Sementara iPhone 8 OIS hanya terdapat di lensa wide angle.

Selain OIS, lensa tele iPhone X juga mampu menangkap gambar lebih baik. Sebab, iPhone X memiliki lensa tele dengan aperture f/2.4 yang dapat menghasilkan gambar lebih baik meski dalam keadaan low light, berbeda dari iPhone 8 Plus yang hanya memiliki aperture f/2.8.

3. Face ID
Mengingat iPhone X mengusung desain bezeless, Apple pun meniadakan tombol fisik yang biasa digunakan untuk mengaktifkan perangkat. Sebagai gantinya, perusahaan dengan logo buah apel itu memperkenalkan fitur baru bernama Face ID.

Sesuai namanya, fitur ini memanfaatkan pemindaian wajah pengguna. Untuk mendukung kinerja, Apple pun menggunakan teknologi baru bernama TrueDepth yang terdiri dari kamera dan sejumlah sensor untuk memindai wajah.

4. Portrait Mode untuk Kamera Depan
Berbekal sensor di bagian depan, iPhone X dapat menangkap gambar dalam modus portrait melalui kamera depan. Sebelumnya, modus ini hanya dapat dilakukan dengan memanfaatkan kamera utama iPhone 7 Plus, termasuk iPhone 8 Plus.

Tak hanya itu, iPhone X juga memanjakan penggunanya dengan fitur portrait lighting menggunakan kamera depan. Meski masih tahap beta, fitur ini memungkinkan pengguna mengatur pencahayaan tangkapan gambar sesuai kebutuhan.

5. Animoji
Kemampuan Animoji yang ditanam dalam iPhone X merupakan hasil dari teknologi TrueDepth yang dapat membaca dan menganalis lebih dari 50 pergerakan otot yang berbeda. Dengan fitur ini, pengguna dapat memindai wajahnya lalu mengubahnya menjadi emoji animasi.

Nantinya, Animoji dapat digunakan saat berkirim pesan melalui iMessage. Selain menangkap gerakan wajah, pengguna juga dapat menambah rekaman suara di emoji tersebut hingga hasilnya pun jadi lebih menarik. Wow!