< Street Food

Ini Dia 5 Ketoprak Paling Enak di Jakarta

Ini Dia 5 Ketoprak Paling Enak di Jakarta

Street Food

Sebagai warga Ibu Kota, Anda mungkin sudah tidak asing lagi dengan ketoprak. Jika dilihat, penampilannya memang agak mirip gado-gado. Meski sama-sama menggunakan sambal kacang, tapi isi kedua makanan ini berbeda. Kalau di dalam sepiring gado-gado berisi  berbagai macam sayuran segar, lain halnya dengan ketoprak yang berisi tahu, bihun, mentimun, tauge, dan telur.

Di Jakarta, Anda bisa dengan mudahnya menemukan pedagang ketoprak. Tapi yang paling enak ada di lima tempat ini.

1. Ketoprak Ciragil
Bukan tanpa alasan, Check in Jakarta menempatkan Ketoprak Ciragil di posisi pertama. Ketoprak yang satu ini tak hanya dikenal sebagai yang paling enak, tapi juga paling melegenda di Jakarta, karena sudah ada sejak tahun 1960-an.

Uniknya, Ketoprak Ciragil tidak menggunakan ketupat, melainkan lontong buatan sendiri. Lontongnya yang lembut, dan beraroma menjadi salah satu faktor yang membuat ketoprak ini begitu nikmat. Faktor lainnya berasal dari bumbu kacangnya yang lembut di lidah serta rasanya yang manis dan gurih.

Photo Source: https://www.zomato.com/id

Untuk tambahan telurnya, Anda bisa memilih ingin telur dadar, telur mata sapi, atau telur rebus.

Alamat: Jl. Ciragil II, Blok Q No. 24, Senopati, Jakarta Selatan
Jam Operasional: Setiap Hari: 09.00 – 17.30 WIB

2. Ketoprak Cobek Pak Yono
Bumbu kacang yang halus dengan rasa gurih dan agak manis jadi andalan ketoprak racikan Pak Yono ini. Tak heran, karena warung ketoprak ini mencampurkan kacang tuban dengan sedikit kacang mete. Hasilnya, Ketoprak Cobek Pak Yono memiliki rasa yang istimewa.

Ketoprak semakin nikmat dengan tambahan topping telur dadar, telur mata sapi, telur pindang, ataupun telur asin. Cukup merogoh kocek Rp 17.000,- Anda sudah bisa menyantap Ketoprak Cobek Pak Yono.

Photo Source: https://food.detik.com

Alamat: Jl. Karang Tengah Raya No.34 A, Lebak Bulus, Cilandak, Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12440
Jam Operasional: Setiap Hari: 09.00 – 18.30 WIB

3. Ketoprak Mitro
Di balik padatnya kawasan Tomang, ada satu kedai ketoprak yang siap memanjakan lidah Anda, Ketoprak Mitro namanya. Warung ketoprak yang satu ini terkenal tak pelit memberikan sambal kacang dan isian lainnya. Harganya juga bersahabat, seporsi ketoprak dengan tambahan telur rebus hanya dibanderol dengan harga Rp 16.000,- saja.

Alamat: Jl. Mandala Raya No. 5, Tomang, Grogol, Jakarta Barat
Jam Operasional: Senin – Kamis, Sabtu & Minggu: 09.00 – 21.00 WIB, Jumat: Libur

Photo Source: https://www.qraved.com/jakarta

4. Ketoprak Pak Moktar
Satu kata yang pasti akan keluar begitu Anda melahap ketoprak yang satu ini: Enak! Bumbu kacang yang legit dan halus adalah sumber dari kenikmatan Ketoprak Pak Moktar. Satu lagi, jika biasanya tahu pada ketoprak digoreng ala kadarnya, di sini tahu justru sengaja digoreng hingga garing sehingga terasa begitu renyah.

Alamat: Taman Makan Pola Bugar Kedoya, Jl. Kedoya Raya, Jakarta Barat
Jam Operasional: Setiap Hari: 16.00 – 23.00 WIB

Photo Source: https://id.openrice.com/id/jakarta

5. Ketoprak Purwa Bharata
Dinamakan demikian, karena ketoprak yang satu ini terletak bersebelahan dengan tempat pertunjukan wayang, Gedung Bharata Purwa.

Uniknya Ketoprak Purwa Bharata menambahkan sate kulit dan dan sate ati ampela yang tidak akan Anda jumpa di kedai ketoprak lainnya. Sedangkan untuk ketopraknya sendiri, rasa lezatnya berasal dari bumbu kacang yang dibuat menggunakan kacang tuban. Kacang ini terkenal dengan rasanya yang agak manis.

Photo Source: http://iradiofm.com

Alamat: Jl. Kalilio No.15, Senen, Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10410
Jam Operasional: Setiap Hari: 17.00 – 00.00 WIB