< Marketing

Ini Dia 8 Bisnis Berpeluang Besar di Bulan Ramadhan!

Ini Dia 8 Bisnis Berpeluang Besar di Bulan Ramadhan!

Marketing

Tak terasa kurang dari sebulan lagi kita akan menyambut bulan Ramadhan. Selain beribadah dan menimbun pahala di bulan yang penuh berkah ini, Anda juga bisa menjemput rezeki dengan membuka 8 jenis bisnis berikut, lho. Mumpung masih ada waktu, nih, untuk Anda mengumpulkan modal sebelum take action. Apa saja? Simak di bawah ini!

1. Katering Menu Sahur
Usaha yang satu ini cocok untuk didirikan di sekitar kos-kosan mahasiswa ataupun pegawai kantor, atau perumahan tertentu yang aksesnya jauh menuju warung makan. Anda bisa menyebarkan selebaran iklan ke calon konsumen terlebih dahulu, sambil mencantumkan menu makanan dan kontak Anda seperti nomor WhatsApp, ID Line, atau pin Blackberry Messenger. Anda juga bisa menggunakan media sosial seperti Instagram, Twitter, dan Facebook untuk mempromosikannya. Sedikit mengakali kalau Anda tak ingin repot memasak menunya sendiri, Anda bisa bekerjasama dengan warung makan langganan. Praktis dan simpel, kan?

Photo source: http://www.flickr.com

2. Makanan dan Minuman Takjil
Mulai dari minuman segar seperti es buah dan es kelapa, sampai yang hangat dan manis seperti kolak dan bubur sumsum, menjadi takjil yang sering diincar. Tak hanya yang manis-manis, makanan ringan seperti seperti gorengan, siomay, batagor, dan lemper juga akan dilirik orang apalagi bagi yang sedang dalam perjalanan dan harus buka puasa di jalan. Berdagang kurma untuk stok sebulan juga bisa jadi pilihan, pastikan Anda memilih supplier yang tepat, ya.

Photo source: http://www.flickr.com

3. Kue Kering dan Parcel Lebaran
Berkumpul dengan keluarga besar tentu membuat seseorang ingin membawakan buah tangan, ataupun sebagai tanda mata untuk atasan di kantor. Nah, ini dia saatnya Anda berjualan kue-kue lebaran seperti nastar, kastaengel, sagu keju, putri salju, atau bisa juga berinovasi dengan rasa baru. Begitu pula dengan parcel, mulai dari susunan cantik dari produk makanan ringan sampai parcel perlengkapan makan porselen pun menarik, lho!

4.Jasa Hantaran
Di kala momen katering sahur ataupun pemberian parcel digencarkan, di situ juga sebagian orang membutuhkan jasa pengantaran. Bukan mustahil juga kalau keluarga besar Anda akan memerlukan jasa ini untuk mengantarkan kue lebaran ke tetangga ataupun kerabat, kan? Agar menguntungkan, Anda bisa mematok terlebih dahulu harga tertentu per area agar bisnis berjalan secara profesional dan tak ada istilah “harga teman”. Hmmm…

Photo source: http://www.flickr.com

5. Busana Muslim & Perlengkapan Ibadah
Baju baru untuk menyambut Hari Raya Idul Fitri termasuk hal yang biasa dicari orang. Karena itu bisnis busana muslim di bulan Ramadhan memiliki prospek yang menjanjikan. Anda juga bisa menjual secara online dengan sistem dropship kalau ingin meminimalisir modal. Selain itu, sarana kelengkapan beribadah umat Muslim seperti sarung, peci, mukena, sajadah, Al-Qur’an, dan tasbih juga akan banyak dicari orang di bulan suci ini.

6. Penyalur Asisten Rumah Tangga & Baby Sitter
Tak semua keluarga mudik saat lebaran, sementara asisten rumah tangga yang biasa mengurus pekerjaan rumah sehari-hari harus pulang kampung untuk merayakan hari raya dengan keluarganya. Ini waktunya Anda menyediakan jasa asisten rumah tangga ataupun baby sitter sementara. Masih ada waktu untuk Anda merekrut seseorang yang bersedia dan juga berkualitas untuk menyelesaikan pekerjaan rumah tangga dengan baik.

Photo source: http://www.flickr.com

7. Penyedia Jasa Transportasi
Arus mudik terbesar yang terjadi tiap tahun adalah saat lebaran. Orang-orang tentu sudah berburu tiket dari jauh hari untuk mudik ke kampung halaman, Karena itu bisnis jasa reservasi tiket akan menguntungkan di bulan ini. Tak jarang juga ada yang sudah kehabisan tiket kereta atau bus.

Untuk mengakalinya, Anda bisa bekerjasama dengan bus pariwisata dan mengadakan jasa penyedia mudik bersama. Atau menyediakan rental mobil atau motor yang bisa juga dilakukan untuk kebutuhan keluarga besar berkunjung ke sanak saudara lainnya.

8. Jualan Gadget
Tak jarang gadget diburu di bulan ini bahkan permintaannya meningkat. Bisa jadi hal ini disebabkan karena sebagian orang ingin tampil beda saat pulang ke kampung halaman, nih? Untuk mendukung euforia ini, Anda tentu memerlukan modal dan harus tahu kemana Anda harus menjualnya. Sebagai contoh, bisa ke beberapa toko online terkenal di Indonesia. Good luck and be optimistic for the business!