Saturday, July 20, 2019
FYI
FYI

Ini Dia Manfaat Menonton Film Horor untuk Tubuh

Spectr News Theme Eskanisa Ramadiani
18, April 2019
467

Menonton film merupakan kegiatan yang menyenangkan dilakukan bersama keluarga maupun teman-teman. Salah satu genre film yang paling digemari orang Indonesia adalah horor, namun, tidak sedikit orang yang menolak untuk menonton film horor dengan alasan takut. Padahal, film horor memiliki manfaat yang baik lho untuk tubuh seperti yang tertera di bawah ini.

1. Mengurangi Stres

Perasaan takut saat menonton film horor membantu tubuh melepaskan beberapa hormon, termasuk hormon stres (kortisol). Pada saat tubuh mengalami kenaikan hormon stres maka akan menyebabkan rasa gelisah, depresi, masalah pencernaan hingga penyakit jantung. Tanpa disadari, saat menyaksikan adegan yang menyeramkan, kelenjar adrenalin menjadi aktif dan hormon untuk melawan stres akan dilepaskan.

2. Membakar Kalori

Seperti yang dilansir dalam laman Boldsky, menonton film horor dapat membakar hingga 200 kalori. Hal tersebut didukung dengan penelitian yang dilakukan oleh University of Westminster, dibanding dengan genre film lain, film horor mampu membantu membakar hingga 113 kalori atau setara dengan berjalan kaki santai selama 30 menit.

3. Menyalurkan Emosi

Selain melompat ketakutan, biasanya orang mudah teriak saat menonton film horor. Di saat berteriak tersebut, hati cenderung lebih aktif, layaknya seseorang yang sedang berlari sehingga aliran darah mengalir lebih lancar. Itu sebabnya, menonton film horor bisa membuat seseorang lebih sehat karena emosinya tersalurkan. Namun, yang perlu diingat jika Anda termasuk orang yang mudah takut, tidak perlu memaksakan diri untuk menonton film horor untuk mengurangi stres, membakar kalori maupun menyalurkan emosi.

 

Eskanisa Ramadiani
Eskanisa Ramadiani
Journalist
Registration