Sunday, December 08, 2019
Marketing
Marketing

Ini Dia Strategi Pemasaran yang Efektif untuk UMKM

Spectr News Theme Eskanisa Ramadiani
23, September 2019
418

Apapun jenis bisnis yang Anda geluti, pasti pernah mengalami pasang – surut. Perlu formula dan strategi yang tepat untuk menjaga agar penjualan tetap stabil dari waktu ke waktu.. Nah, berikut kunci sederhana dalam melakukan pemasaran untuk bisnis UMKM yang bisa langsung Anda terapkan sendiri.

1. Target Konsumen

Ketahui siapa target konsumen (bisnis) Anda secara spesifik. Bukannya tidak mungkin untuk ‘membidik’ semua orang (pelanggan), namun harus ada (satu) yang spesifik agar tetap fokus. Akan jauh lebih mudah untuk membuat strategi pemasaran sekaligus branding (untuk membangun dan membersarkan merek) jika Anda mengetahui betul siapa orang (pelanggan) yang menggunakan produk atau jasa yang Anda tawarkan.

2. Memanfaatkan e-commerce

Untuk menjangkau pasar yang lebih luas, setiap pebisnis, baik yang bergelut di UMKM, UKM atau yang cakupannya global sekalipun rasanya wajib memanfaatkan e-commerce. Memasarkan produk melalui e-commerce memiliki segudang manfaat seperti lebih efisien, memangkas proses distribusi produk sehingga pelanggan dapat memperoleh produk Anda dengan harga kompetitif, dan memiliki akses yang tak terbatas.

3. Kualitas

Terakhir, pastikan jika produk yang Anda tawarkan memiliki manfaat yang tidak dimiliki oleh kompetitor. Pasalnya, sangat lumrah jika pelanggan membandingkan produk yang Anda tawarkan dengan penyedia lain. Kenali berbagai kelebihan dan perbedaan yang (produk) Anda miliki, fokus pada poin yang bisa diunggulkan, dan kembangkan berdasarkan kritik dan saran dari pelanggan.

 

Eskanisa Ramadiani
Eskanisa Ramadiani
Journalist
Registration