< FYI

Ini Pentingnya Memiliki Rencana Keuangan Sejak Dini

Ini Pentingnya Memiliki Rencana Keuangan Sejak Dini

FYI

Sebagian besar dari kita kerap mengabaikan pentingnya memiliki rencana keuangan sejak dini, sehingga pendapatan sekedar lewat saja di rekening, padahal dengan sejumlah uang yang kita dapat, sudah seharusnya bisa disisihkan untuk ditabung.

Perencanaan keuangan erat kaitannya dengan tujuan. Ketahui apa yang menjadi tujuan keuangan Anda, dari situ akan menentukan kemana arah perencanaan keuangan yang dapat Anda terapkan.

Baik jangka pendek maupun panjang, tujuan keuangan menjadi motivasi terbesar Anda agar dapat menciptakan perencanaan keuangan yang matang dan teratur. Pilih strategi yang sederhana dan mudah untuk Anda lakukan untuk mencapai tujuan tersebut.

Meski selama ini Anda berhasil menyisihkan sebagian uang untuk ditabung, tanpa adanya tujuan, belum tentu tabungan tersebut dapat dimanfaatkan secara maksimal. Misalnya, untuk memaksimalkan tabungan tersebut, Anda bisa mencoba berinvestasi atau membeli asuransi jiwa untuk orang tua maupun keluarga.

Dengan adanya perencanaan keuangan yang matang, juga dapat mengontrol setiap jenis pengeluaran yang Anda lakukan setiap bulannya, apakah sifatnya primer atau sekunder, sehingga kestabilan keuangan tetap terjaga. Secara tidak langsung, perencanaan keuangan membimbing Anda membangun masa depan yang lebih baik.