Sunday, November 17, 2019
Bisnis
Bisnis

Ini Waktu yang Tepat untuk Promosi di Media Sosial!

Spectr News Theme Eskanisa Ramadiani
15, October 2019
182

Bukan rahasia lagi jika saat ini ada banyak sekali pebisnis yang memanfaatkan media sosial sebagai alat bantu promosi. Dari sekian banyak hal yang harus diperhatikan untuk membantu melancarkan bisnis, manajemen waktu menduduki peringkat utama agar dapat meraih sukses ketika berbisnis menggunakan media sosial.

Sebetulnya, mengunggah konten (promosi) bisa dilakukan kapan saja, namun lebih baik jika bisa mengikuti waktu calon konsumen online. Dengan begitu, kemungkinan unggahan Anda untuk dilihat dan dibaca semakin besar.

Berbagai situs media sosial memiliki waktu tertentu yang bisa dimaksimalkan untuk mengunggah konten (promosi), sebagai berikut:

- Facebook

Berdasarkan data analisis SocialBarel, pengguna Facebook melimpah ruah di hari Senin sampai Rabu, mulai pukul 9 pagi hingga 3 sore. Kemudian ramai kembali di akhir pekan, yakni Minggu. Bagi Anda yang memiliki akun Facebook untuk berbisnis, unggah berbagai konten (promosi) di antara pukul 9 pagi hingga 3 sore setiap hari (kecuali Sabtu karena traffic penggunanya mengalami penurunan).

- Twitter

Puncak kepadatan Twitter terjadi di hari Senin sampai Kamis, dimulai pukul 11 siang (menjelang istirahat makan siang) dan malam hari mulai pukul 7 (sepulang kerja). Oleh sebab itu, disarankan untuk mengunggah apapun bentuk konten bisnis Anda di antara pukul 1 siang hingga 3 sore, dilanjutkan pukul 8 hingga 9 malam.

- Instagram

Platform yang fokus pada foto dan video ini menjadi pilihan banyak pebisnis untuk menjual produknya. Agar konten yang Anda unggah dibanjiri like dan comment untuk meningkatkan engagement, perhitungkan terlebih dahulu target (audience), apakah pekerja, pelajar, ibu rumah tangga dan lain-lain. Secara garis besar, pukul 10 pagi hingga 3 sore dilanjutkan dengan pukul 7 malam hingga 9 malam merupakan waktu terbaik untuk mengunggah konten di Instagram. Namun, hindari mengunggah di hari Senin pagi karena banyak penggunanya sibuk memulai aktivitas, dan Minggu karena sebagian besar tengah menikmati akhir pekan.

- Google+

Jika target Anda pasar luar negeri, maka cocok menjadikan Google+ sebagai alternatif untuk promosi. Pukul 9 pagi hingga 11 siang merupakan waktu yang tepat untuk mengunggah konten di Google+. Sangat tidak disarankan untuk mengunggah di atas pukul 6 sore karena ada kaitannya dengan perilaku akses layanan email Gmail. Biasanya, pengguna Gmail akan mengakses akunnya pagi sampai sore hari.

 

Eskanisa Ramadiani
Eskanisa Ramadiani
Journalist
Registration