Wednesday, November 13, 2019
FYI
FYI

Ini yang Bisa Anda Lakukan untuk Menolong Penderita Depresi

Spectr News Theme Eskanisa Ramadiani
16, July 2019
616

Depresi tidak pandang bulu, bisa menyerang siapa saja bahkan berakibat hilangnya nyawa seseorang. Berikut pertolongan pertama yang dapat Anda lakukan untuk menolong penderita depresi, bahkan dapat Anda lakukan pada diri Anda sendiri saat merasa tertekan.

Hal sederhana pertama yang bisa Anda lakukan saat merasa tertekan adalah berdiam diri sejenak dan mulai mengatur napas. Duduk sambil bersandar, tarik napas melalui hidung, rasakan perut semakin membesar, hembuskan napas melalui bibir secara perlahan sambil rasakan perut mengempis. Ulangi sebanyak 10 kali dan usahakan posisi punggung tetap tegak. Anda juga bisa membantu penderita depresi lain untuk melakukan hal yang sama.

Kedua, komunikasi. Seseorang yang mengalami tekanan cenderung enggan bersosialisasi, menarik diri dari lingkungan. Untuk membantu mereka melepaskan beban yang ada di dalam dirinya, ajak ngobrol. Sekedar menanyakan, “Apakah kamu baik-baik saja?” atau mengajaknya melakukan hal menyenangkan, seperti pergi ke bioskop, wisata kuliner bisa membantu mengubah suasana hatinya jadi lebih baik. Dengan begitu mereka yakin bahwa masih ada orang yang peduli terhadap mereka.

Ketiga, mencari pertolongan yang tepat. Memang bukan hal mudah mengajak penderita depresi untuk mencari pertolongan yang tepat, seperti psikolog atau pskiater. Anda bisa mulai dengan meyakinkan mereka bahwa jika mengabaikan depresi akan memperburuk keadaan. Anda juga bisa mengantarkan mereka mencari bantuan medis.

Setelah berkonsultasi dengan psikolog atau psikiater, bagi penderita yang sudah menunjukkan tanda-tanda depresi serius seperti ada tendensi menyakiti diri sendiri bahkan muncul pikiran untuk bunuh diri, akan diberi obat dan terapi. Bantu mereka untuk mengonsumsi obat dan menjalani terapi secara teratur. Jangan biarkan depresi menghilangkan kebahagiaan dari kehidupan Anda dan orang-orang yang Anda sayangi!

 

 

Eskanisa Ramadiani
Eskanisa Ramadiani
Journalist
Registration