< FYI

Inilah 6 Ciri Anda Lebih Cocok Jadi Entrepreneur Dibanding Pekerja Kantoran

Inilah 6 Ciri Anda Lebih Cocok Jadi Entrepreneur Dibanding Pekerja Kantoran

FYI

Merasa bosan menjadi pekerja kantoran yang cenderung memiliki pekerjaan yang monoton? Tidak ada salahnya untuk mencoba berbisnis, lho. Jika belum yakin bahwa Anda memiliki jiwa berbisnis, yuk, coba cek 6 ciri di bawah ini yang bisa menandakan kalau Anda lebih cocok jadi entrepreneur atau pengusaha dibanding pekerja kantoran.

1. Cepat Bosan dengan Rutinitas
Masuk kantor, bekerja, makan siang, kembali bekerja hingga jam pulang kantor yang dilalui dari hari Senin sampai hari Jumat menjadi rutinitas Anda sebagai pekerja kantoran. Belum lagi ada peraturan yang mengikat seperti cara berpakaian. Nah, jika Anda bosan dengan rutinitas ini berarti Anda memiliki salah satu ciri entrepreneur yang tidak suka terikat dengan peraturan dari suatu organisasi, nih. Mungkin ini saatnya Anda membuat peraturan sendiri dengan perusahaan yang akan Anda dirikan? 

Photo source: http://www.pixabay.com

2. Suka Menjadi Team Leader
Apakah Anda berani bertanggung jawab, lebih suka memimpin daripada ‘diatur’, dan sudah sukses menjadi team leader untuk proyek kantor Anda? Berarti memang Anda lebih cocok bekerja untuk diri sendiri serta memimpin tim untuk bersama-sama membangun usaha Anda. Karakter pemimpin seperti ini sangat dibutuhkan dan menjadi dasar dari seorang entrepreneur. 

3. Selalu Memiliki Ide
Selalu berpikir out of the box dan mencetuskan ide-ide brilian juga menjadi karakter seorang entrepreneur. Selain itu Anda juga harus bisa memecahkan masalah dan mencari solusi dari berbagai persoalan. Jika Anda berjiwa kreatif dan mampu menjadi problem solver, bisa jadi Anda sudah siap menjadi seorang entrepreneur.  

Photo source: eyesright.speedofcreativity.org

4. Berani Mengambil Risiko
Berani mengambil risiko tanpa takut gagal merupakan salah satu tanda Anda memiliki jiwa bisnis. Tentu menjalankan bisnis tidak semudah yang Anda bayangkan, dimulai dari mengumpulkan modal yang tidak sedikit, menghadapi kerugian, hingga kemungkinan terburuknya seperti tertipu dan bangkrut bisa saja terjadi. Namun, bila Anda tidak takut dan berani maju menghadapi itu semua berarti Anda merupakan calon entrepreneur sukses. 

5. Mampu Melihat Peluang
Apakah Anda merasa memiliki ‘otak bisnis’? Yang dimaksud adalah Anda pandai memanfaatkan peluang yang ada untuk mendapatkan keuntungan. Seperti misalnya menjadi reseller sebuah toko online atau sekedar menjual barang-barang bekas dengan harga balik modal berkat kemahiran Anda bernegosiasi. Jika iya, Anda memang lebih tepat menjadi entrepreneur.  

Photo source: http://www.pixabay.com

6. Mau Memperluas Koneksi
Networking atau memperluas koneksi merupakan kunci sukses seorang entrepreneur. Anda harus berani memperkenalkan diri ke orang lain, siapa tahu dari perkenalan tersebut Anda bisa mendapatkan calon konsumen, supplier, atau bahkan investor sekalipun! So, are you ready to be an entrepreneur?