Thursday, December 12, 2019
Technology
Technology

Instagram Mulai Uji Coba Sembunyikan Likes

Spectr News Theme Isny Dewi R.
28, November 2019
118

Instagram tengah melakukan uji coba menyembunyikan jumlah likes pada tiap posting secara global. Indonesia pun menjadi salah satu negara yang mendapatkan uji coba ini. Sejumlah pengguna Instagram di Indonesia pun secara acak kebagian uji coba ini. Sebelumnya, mereka mendapatkan notifikasi pop-up dengan keterangan "Menguji Perubahan pada Bagaimana Anda Melihat Suka".

Penampakannya seperti yang tertera di akun Instagram @joyofodu @joyofodu. Di bagian atas home muncul notifikasi “Menguji Perubahan pada Bagaimana Anda Melihat Suka”. Setelah itu, Anda tidak akan bisa melihat jumlah likes pada posting pengguna lain.

Perubahan ini akan terjadi secara default dan tidak bisa diatur sendiri oleh pengguna. Angka yang menunjukan jumlah likes sebenarnya tidak benar-benar hilang, hanya disembunyikan dan tidak dapat dilihat pengguna lain. Ya, fitur ini bersifat privat karena hanya Anda yang bisa mengetahui jumlah likes.

Sebelumnya, uji coba ini diterapkan di delapan negara, yakni Amerika Serikat, Australia, Brazil, Kanada, Irlandia, Italia, Jepang, dan Selandia Baru. Kesehatan mental menjadi alasan utama Instagram membuat kebijakan ini. Agar para pengguna tidak saling berkompetisi mendapatkan jumlah likes terbanyak di Instagram, dan fokus pada konten yang mereka unggah.

"Tujuannya adalah untuk mengurangi tingkat kecemasan (karena jumlah likes sedikit) dan mengurangi komparasi sosial (karena memiliki jumlah likes yang banyak)," jelas CEO Instagram, Adam Mosseri, dikutip dari Tech Crunch.

Top Photo Credit: www.thenational.ae

Isny Dewi R.
Isny Dewi R.
Journalist
Registration