< Community

Instanusantara Sebarkan Keindahan Indonesia

Instanusantara Sebarkan Keindahan Indonesia

Community

Instagram bukan lagi platform untuk sekadar berbagi foto dan video sebagai hobi atau iseng semata. Kenyataannya, media sosial milik Facebook ini telah ‘berevolusi’ menjadi rumah bagi para pecinta fotografi. Mereka bergerilya dengan karya masing-masing yang mengesankan, dan mendapatkan banyak likes. Pencapaian brilian tersebut memayungkan para fotografer ini pada sebuah komunitas. Salah satunya bernama Instanusantara.

Komunitas fotografi ini merupakan satu dari sekian banyaknya komunitas yang berawal dari Instagram dan sudah mengukuhkan eksistensi karya-karyanya di Tanah Air. Awalnya, Instanusantara berdiri sebagai komunitas dengan visi membawa keindahan alam Indonesia ke mata dunia. Saat ini, Instanusantara memiliki total 4.561 post dan 221 ribu pengikut.

Komunitas ini pertama kali dicetuskan oleh Andi Afriansyah. Instanusantara memang awalnya dibuat memang untuk berkomunitas. Dari situ, ia menggalakan hashtag #Instanusantara di setiap foto dan video yang diunggah ke Instagram memamerkan keindahan alam dan warisan budaya Indonesia. Dari situ lah ia mengumpulkan anggota komunitas dengan memanfaatkan hashtag #instanusantara di setiap unggahan foto atau pun video para pengguna Instagram.

Indonesia memiliki potensi yang kuat untuk diekspos dunia. Dari situ, Andi berharap Instanusantara secara tak langsung dapat berperan mempromosikan keindahan alam dan warisan budaya yang dimiliki negeri ini.

Soal kriteria foto dan video yang akan diunggah ulang, Instanusantara tidak membatasi anggotanya untuk berkreasi. Perangkat jenis apa pun boleh digunakan seperti ponsel pintar, kamera saku, action, kamera mirrorless atau DSLR, yang penting bertemakan Indonesia. Selain itu, anggota juga harus menggunakan foto sendiri dan tag lokasi di mana foto tersebut diambil.

Meski berdiri di Malang, namun Instanusantara kini memiliki basis regional di beberapa kota besar di Indonesia seperti Jakarta @instanusantaraJakarta, Surabaya @instanusantaraSurabaya, Yogyakarta @instanusantaraDIY, Bali @instanusantaraBali, Bandung @instanusantaraBandung, Semarang @instanusantaraSemarang, dan masih banyak lagi.

Program utama Instanusantara, adalah INUB (Instanusantara Upload Bersama). Program ini mengajak para anggota untuk mengunggah foto atau video di akun masing-masing dengan hashtag #instanusantara dan tak lupa mention akun Instanusantara. Dari situ, pihak Instanusantara akan memilih foto setiap harinya sebagai “Instanusantara of The Day” dan “Instanusantara Member Gallery”.

Komunitas ini sendiri sudah sering mengadakan pameran, coaching clinic, dan tentunya hunting foto bersama. Bagi Anda yang tertarik bergabung menjadi member Instanusantara, bisa membuka halaman https://www.instanusantara.com.