Monday, August 19, 2019
Marketing
Marketing

Intip Tren Marketing Sepanjang Tahun 2019 Ini

Spectr News Theme Eskanisa Ramadiani
18, February 2019
975

Saat ini, marketing memang tidak bisa dipisahkan dengan teknologi. Perkembangan teknologi yang kian pesat memacu para marketers untuk lebih giat lagi memasarkan produknya dengan cara yang juga lebih efektif dan efisien. Seperti yang disampaikan oleh Indonesia Marketing Association (IMA) di tahun baru ini setidaknya ada beberapa tren marketing baru yang didominasi oleh teknologi, berikut di antaranya.

Kombinasi pemasaran yang dilakukan secara offline maupun online dianggap sebagai senjata ampuh untuk meningkatkan daya beli sekaligus kenyamanan pelanggan. Pemasaran online, lewat berbagai media sosial memudahkan Anda untuk membangun percakapan dengan pelanggan, termasuk menerima saran agar produk atau jasa yang ditawarkan bisa ditingkatkan lagi kualitasnya. Begitu pula dengan pemasaran secara offline, untuk mempermudah pembeli yang butuh datang langsung ke toko melihat produk atau jasanya langsung, Anda bisa membagikan brosur di sekitar toko.

Saat ini pemasaran secara digital dinilai penting bagi sebuah usaha. Anda bisa menargetkan audiens yang tepat, yang ingin Anda dapatkan untuk membeli produk atau jasa dengan memanfaatkan berbagai media sosial. Misal dengan membuat banner ads, iklan menggunakan display grafis yang dipasang pada halaman website. Selain berfungsi sebagai alat presentasi berisi informasi menarik yang sifatnya fleksibel, banner ads juga berfungsi untuk membangun brand perusahaan.

Cara terakhir yang bisa Anda terapkan adalah influencer marketing. Strategi pemasaran ini memanfaatkan influencer yang tengah naik daun di media sosial, seperti Instagram untuk memperkenalkan, mempromosikan produk atau jasa Anda sekaligus mengajak followers-nya untuk melakukan pembelian. Yang kemudian menjadi bahan pertimbangan adalah bujet dan jumlah followers yang dimiliki oleh influencer marketing pilihan Anda.

Eskanisa Ramadiani
Eskanisa Ramadiani
Journalist
Registration