< Business

Jack Ma Resmi jadi Penasihat E-Commerce Indonesia

Jack Ma Resmi jadi Penasihat E-Commerce Indonesia

Business

Pendiri sekaligus Executive Chairman Alibaba Group, Jack Ma telah menerima tawaran untuk menjadi penasihat e-commerce Indonesia.

Kabar ini disampaikan oleh Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Rudiantara, setelah bertemu dengan Jack Ma di Beijing, beberapa hari lalu.

Selain membahas mengenai tawaran untuk menjadi penasihat e-commerce Indonesia, pertemuan dengan Jack Ma juga membahas sejumlah masalah lain, di antaranya mengenai sumber daya manusia dan proses pembuatan kebijakan.

Pertemuan itu merupakan tindak lanjut dari pertemuan antara Presiden Joko Widodo dengan Jack Ma di Hangzhou pada September 2016 lalu. Saat itu, Presiden bertemu dan mengajak Jack Ma untuk bergabung menjadi penasihat steering committee roadmap e-commerce Indonesia. Jack Ma sendiri langsung menyetujui tawaran tersebut. Namun saat itu masih disampaikan secara lisan.

Roadmap e-commerce Indonesia sendiri sudah diumumkan sejak awal tahun lalu. Di dalamnya memuat tujuh poin mengenai upaya pengembangan ekonomi digital, yakni persoalan logistik, pendanaan, perlindungan konsumen, infrastruktur komunikasi, pajak, pendidikan dan keamanan cyber.