< FYI

Jadikan Bulan Ramadan Sebagai Momen yang Tepat Untuk Berhenti Merokok

Jadikan Bulan Ramadan Sebagai Momen yang Tepat Untuk Berhenti Merokok

FYI

Berhenti merokok memang bukan perkara mudah. Apalagi bagi perokok berat yang sudah kecanduan. Nah, bulan Ramadan kali ini dapat menjadi momentum yang tepat untuk menghentikan atau setidaknya mengurangi kebiasaan merokok Anda. Puasa dapat membantu Anda mengurangi konsumsi rokok per hari, lho.

Tak hanya makan dan minum, nyatanya banyak perokok yang berhasil puasa merokok mulai dari sahur hingga waktunya berbuka puasa. Saat berbuka, cobalah tahan diri Anda untuk merokok. Lebih baik menyantap hidangan takjil atau melakukan kegiatan lainnya yang lebih bermanfaat. Lanjutkan untuk tidak merokok sampai hari-hari berikutnya, sehingga perlahan Anda mulai terbiasa tidak merokok.

Perlu niat yang kuat untuk berhenti merokok. Oleh karena itu, jangan lupa untuk memberi tahu orang-orang terdekat Anda jika Anda ingin berhenti merokok, sehingga Anda akan mendapatkan dukungan dan membuat Anda semakin semangat untuk terbebas dari rokok.

Bahaya rokok bagi kesehatan sudah jelas. Asap rokok mengandung 4.000 jenis senyawa kimia di mana 400 jenis di antaranya merupakan zat beracun dan 43 di antaranya dapat menyebabkan kanker. Menjadi seorang perokok tentunya juga berbahaya bagi orang sekitar Anda yang harus menjadi perokok pasif. So, sudah saatnya untuk memiliki gaya hidup yang lebih sehat. Semoga bermanfaat!