Monday, May 25, 2020
Tips
Tips

Jaga Kesehatan Mental di Tengah Pandemi COVID-19 dengan Cara Ini

Spectr News Theme Eskanisa Ramadiani
02, April 2020
389

Di seluruh dunia, pandemi COVID-19 menjadi momok yang begitu ditakuti. Meski demikian, masyarakat diminta untuk tetap tenang dan tidak panik terkait dengan kondisi saat ini. Selain diimbau untuk melakukan upaya pencegahan secara fisik, masyarakat juga diminta untuk dapat mengatasi rasa cemas dan takut berlebihan. Caranya pun mudah, cukup dengan menerapkan langkah-langkah di bawah ini.  

1. Menyibukkan Diri dengan Kegiatan Positif dan Menyenangkan

Imbauan untuk tidak keluar rumah selama beberapa waktu tentu membuat kebanyakan orang merasa bosan dan tidak nyaman. Terutama bagi mereka yang sehari-harinya biasa pergi bekerja. Untuk mengatasinya, Anda bisa melakukan aktivitas yang dapat membantu tubuh dan pikiran tetap fokus, seperti olahraga, membaca buku, mendengarkan musik atau podcast, menonton film, memasak dengan keluarga, berkebun, membersihkan lemari atau meja rias dan berbagai kegiatan positif lainnya.

2. Memilah Sumber Berita

Tidak ada salahnya menyaksikan berita agar tetap up-to-date dengan perkembangan kasus COVID-19 di Tanah Air. Namun, pastikan Anda memilih saluran berita yang memiliki reputasi baik. Batasi pula waktu Anda menonton berita, jangan sampai karena terlalu lama, justru membuat Anda semakin cemas.

3. Rutin Berkomunikasi

Jika saat ini Anda terpaksa harus melakukan social distancing sendiri tanpa keluarga, Anda bisa tetap menjalin komunikasi untuk meningkatkan rasa aman dan nyaman di tengah pandemi ini. Anda bisa memulai percakapan dengan momen-momen lucu yang pernah terjadi lewat pesan (teks), panggilan telepon, atau video call.

Menurut seorang psikolog, Patricia Thornton, kenangan (pengalaman) menyenangkan dan bermakna mampu mengurangi hormon stres (kortisol) sekaligus meningkatkan hormon serotonin, dopamin, dan oksitosin yang menimbulkan perasaan senang.

 

 

Top photo source: https://pixabay.com/

Eskanisa Ramadiani
Eskanisa Ramadiani
Journalist
Registration