< Street Food

10 Jajanan yang Harus Dicoba

10 Jajanan yang Harus Dicoba

Street Food

Jajanan pasar biasanya enak-enak dan murah. Tak hanya itu, jenisnya pun macam-macam dan bisa dijadikan cemilan menarik, seperti salah satunya cemilan di Pasar Santa. Pasar Santa merupakan tempat yang sedang naik daun dan banyak dikunjungi kalangan muda Jakarta saat ini. Selain menjual barang-barang untuk kebutuhan sehari-hari, pasar ini juga dikenal sebagai surganya kuliner. Namun, kali ini Check In Jakarta akan membahas tentang 10 cemilan menarik yang harus dicoba di Pasar Santa.

   
Cublak. Sumber foto: https-//twitter.com/CublakSanta

1. Cublak
Tempat yang satu ini menyajikan makanan khas Bandung yaitu seblak. Seblak merupakan bahan kerupuk. Nah, kalau di Cublak Anda bisa menemukan sebla yang dimasak dengan direbus dengan air hingga lembut kemudian ditumis dan ditambahkan isisan seperti baso, sayur, telur, atau mie. Rasanya gurih dan pedas. Dan jangan salah, menu Cublak ini menjadi salah satu favorit pengunjung Pasar Santa. Penasaran ingin mencobanya?

2. Ladies Who Baked
Kue crumbles adalah makanan yang menjadi ciri khas gerai ini. Kue crumbles merupakan kue khas Jerman. Kue ini diolah dengan berbagai macam buah dengan rasa yang berbeda seperti cherry crumble, plum crumble, blueberry crumble, orange Mandarin crumble, dan choco chrispy. Pemilik gerai ini adalah artis Rianty Cartwright bersama rekannya. Selain di Pasar Santa, Ladies Who Baked telah buka di beberapa tempat lainnya di Jakarta.

3. Tako Cat
Taco merupakan makanan ringan khas Mexico. Namun, taco yang disajikan di Tako Cat memiliki perpaduan Mexico dengan Korea. Pasalnya, taco ini disajikan di dalam mangkuk dengan konsep Taco in a Bowl. Lalu taco tersebut ditaburi bumbu Korea. Unik dan inovatif kan?


Bar-Na-Na. Sumber foto: http-//qraved-live.s3.amazonaws.com

4. Bar-Na-Na
Spesialisasi gerai makanan yang satu ini adalah es pisang. Es pisang ala Bar-Na-Na disajikan dengan berbagai macam saus maupun topping. Bar-Na-Na menyajikan pisang yang sudah dibekukan dan ditusuk dengan stik es krim, kemudian dicelupkan ke dalam saus cokelat sehingga saus tersebut mengeras dan melekat pada pisang. Setelah dilumuri cokelat, sebagai pelengkap ada beberapa pilihan topping yaitu Crispy Milo, Nutella, sampai Meses.

5. Kantin SD
Sesuai dengan namanya, gerai ini menjual jajanan SD seperti Chiki Chuba, cikelat koin, dan permen Tac atau permen payung. Tetapi yang menjadi ciri khas di sini adalah kue cubitnya. Kue yang satu ini identik sekali dengan jajanan anak-anak SD. Biasanya kue ini dibuat dengan taburan meses. Namun gerai ini juga memodifikasi kue cubit ini menjadi rasa green tea dan talas. Kue cubit di sini juga dapat dibuat setengah matang, rasanya juga tidak kalah enaknya. Hmmm, yummy..!

6. Sepotong Kue
Gerai yang satu ini menjual pastry yang unik dan rasanya pun lezat. Kue-kue tersebut diantaranya adalah choux, pie, dan risol. Untuk choux isinya macam-macam mulai dari vla, es krim, dan buah-buahan. Uniknya, choux ini juga ada yang berasa teh hijau. Sedangkan untuk pie ada yang berisi buah-buahan dan ada juga yang berisi daging. Anda bisa memesan sesuai dengan selera.

7. Roti Eneng
Roti Eneng adalah gerai roti bakar. Rotinya pun memiliki rasa yang lembut dan gurih. Roti Eneng menyajikan roti bakar dengan rasa unik yang beranekaragam, seperti cinnamon sugar berisi kayu manis yang harum, hazelnut kresek yaitu roti bakar berisi campuran selai cokelat Nutela dengan Ovomaltine, cokelat almond, cream cheese blueberry yaitu roti berisi selai keju dengan selai blueberry, roti bakar keju campuran keju mozzarella dengan cheddar, dan roti bakar cream cheese cinnamon. Jangan lupa memesan ice choco sea salt dan almond milk yang menjadi ciri khas Roti Eneng. Harga menu di sini berkisar antara Rp15.000,- hingga Rp25.000,-.

 
Lumpia Basah Mas Miun. Sumber foto: http-//photo.kontan.co.id

8. Lumpia Mas Miun
Lumpia ini memiliki tampilan yang berbeda dengan lumpia pada umumnya. Lumpia Mas Miun memiliki variasi menu yang tidak biasa. Menu Lumpia Basah Mas Miun diantaranya adalah lumpia basah original, lumpia basah seafood, lumpia basah sosis, lumpia basah baso, lumpia basah jamur, lumpia basah tongkol, lumpia basah rendang, lumpia basah udang, lumpia basah cumi, lumpia basah kerang, dan lumpia basah spesial. Rasanya pasti membuat Anda ketagihan. Buat yang suka pedas, Anda bisa minta dibuatkan pedas. Rasanya lebih ‘nendang’ lagi.

9. Beyond Cendol & Durian
Tempat ini menjual es durian dan es cendol. Namun, es durian dan es cendol yang disajikan di sini divariasikan dengan berbagai macam rasa maupun topping. Anda bisa menikmati cendol alpukat, ketan hitam, brownies Nutella, Ovomaltine, caramel Toblerone, cokelat Oreo, green tea, stroberi, grass jelly, dan bubble. Gerai ini terdiri dari 8 bangku dan dirancang dengan unik serta dihiasi dengan tema superhero. Hal inilah yang membuat gerai ini tambah menarik.

10. Jang Manies
Kalau datang ke sini, coalah kudapan bernama Miauw. Miauw merupakan kudapan khas gerai ini. Miauw disajikan dengan es krim kelapa berbagai rasa serta topping seperti jelly, nata de coco, choco chips, aneka permen warna warni, dan buah-buahan. Pastikan anda juga memesan Yakuza, yaitu campuran dari susu masam dengan leci. Rasanya segar. Jang Manies juga menyajikan aneka snack lainnya yang bisa dinikmati.

Address

Pasar Santa, Jl. Wolter Monginsidi, West Rawa, Special Capital Region of Jakarta


SEE MAP