Wednesday, June 26, 2019
Street Food
Street Food

Jajanan Khas Betawi yang Wajib Dicoba di Setu Babakan

Spectr News Theme Isny Dewi R.
15, January 2019
724

Setu Babakan, Jakarta Selatan merupakan kawasan cagar budaya Betawi. Berbagai hal seputar suku asli Jakarta bisa Anda temukan di sini, termasuk makanan khasnya. Jika Anda berencana mengunjungi tempat rekreasi yang berlokasi di Jagakarsa ini, jangan lewatkan untuk mencicipi jajanan khas Betawi yang enak dan murah meriah di bawah ini.

1. Laksa Betawi
Seporsi Laksa Betawi berisi mie kuning, potongan ketupat, telur, taoge dan bihun. Serta tambahan kucai dan bawang goreng yang membuatnya semakin nikmat. Makanan khas Betawi ini disajikan dengan guyuran kuah kental yang gurih karena tambahan udang rebon. Sangat lezat jika menyantapnya saat masih hangat.

2. Kerak Telor
Menikmati santai sore di pinggir Setu Babakan belum lengkap jika tidak ditemani kerak telor. Di sini Anda akan menemukan banyak penjual kerak telor, jadi bisa pilih sesuka hati. Makan kerak telor hangat semakin nikmat jika ditemani segelas es kelapa muda segar.

3. Dodol Betawi
Mampir ke Setu Babakan juga belum lengkap kalau belum mencicipi legitnya Dodol Betawi. Biasanya penjual dodol mengolah langsung Dodol Betawi di kiosnya, jadi pembeli bisa melihat proses pembuatannya atau pun mencicipi dodol yang baru matang.

Dodol Betawi dijual dalam berbagai ukuran, mulai dari kemasan kecil hingga yang dikemas menggunakan besek plastik. Camilan khas Betawi ini juga bisa dijadikan oleh-oleh yang menarik untuk kerabat.

4. Toge Goreng
Dulu penjual makanan ini bisa kita temukan dengan mudah, karena banyak pedagang toge goreng yang keliling kampung menjajakannya. Namun sekarang mulai sulit ditemui. Tapi di Setu Babakan, Anda juga akan menemukan banyak penjual toge goreng. Makanan ini berisi potongan ketupat, tahu dan taoge, serta disiram kuah tauco yang khas. Meskipun namanya toge goreng tapi taogenya tidak digoreng sama sekali.

5. Bir Pletok
Puas mencicipi jajanan khas Betawi, tutup lah dengan menjajal bir pletok. Tenang saja! Minuman ini tidak akan membuat Anda mabuk, kok. Bir pletok tidak mengandung alkohol. minuman ini terbuat dari rebusan jahe, kayu secang dan rempah-rempah lainnya. Warnanya yang kemerahan memang terlihat seperti bir. Paling pas menikmati bir pletok saat siang hari, dengan tambahan es batu, dijamin segar!

 

Isny Dewi R.
Isny Dewi R.
Journalist
Registration