< Recreation

Jakarta Punya Velodrom Kelas Dunia

Jakarta Punya Velodrom Kelas Dunia

Recreation

Union Cycliste Internationale (UCI) atau Asosiasi Sepeda Internasional, beberapa waktu lalu memuji Indonesia karena berhasil membuat dua tempat bersepeda yang luar biasa, Stadion BMX di Pulomas dan Jakarta International Velodrome di Rawamangun, yang sama-sama berada di Jakarta Timur. Kedua tempat tersebut pun telah digunakan untuk pertama kalinya dalam acara olahraga terbesar se-Asia, Asian Games 2018.

Presiden UCI, David Lappartient pun sempat menunjukkan kekagumannya ketika mengunjungi kedua tempat tersebut dengan menyebutnya sebagai "kelas dunia" dan "salah satu yang terbaik di Asia". Baik Stadion BMX dan Velodrome, sama-sama telah mendapatkan sertifikasi teratas atau Kelas 1 dari UCI.

Sebelum diresmikan pada 15 Agustus 2018 oleh Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, Velodrom Rawamangun dulunya merupakan arena olahraga luar ruangan, yang kemudian pada tahun 2016 direnovasi total menjadi arena bersepeda indoor serbaguna yang memenuhi standar internasional.

Velodrom Rawamangun memiliki jalur melingkar sepanjang 250 meter dengan kemiringan 40 derajat, sesuai dengan standar internasional, dan dapat menampung hingga 1.000 orang. Sementara kubahnya memiliki ornamen etnis Betawi yang cukup kental di langit-langitnya. Untuk memastikan penggunaan berkelanjutan, velodrome ini juga dilengkapi dengan lapangan serbaguna di tengahnya. Lapangan tersebut dapat digunakan untuk bermain basket, voli, futsal, bulutangkis dan bahkan pameran.

Gelanggang Olahraga Velodrome direncanakan untuk dapat digunakan secara komersial seiring dengan telah berakhirnya Asian Games 2018. Arena lintasan bersepeda tersebut memang dirancang juga untuk berfungsi sebagai tempat untuk kegiatan lain selain acara olahraga.

Address

Jl. Balap Sepeda No.35, Pulo Gadung, Jakarta Timur


SEE MAP