Sunday, November 17, 2019
FYI
FYI

#JalanJakarta Mudahkan Akses Pejalan Kaki dan Pesepeda

Spectr News Theme Isny Dewi R.
05, September 2019
291

MRT Jakarta bekerja sama dengan Institute for Transportation and Development Policy (ITDP) Indonesia mencanangkan program bertajuk #JalanJakarta. Program ini sudah dimulai pada Minggu, 25 Agustus 2019 lalu di Gang Teladan 1, Cipete Raya, Gandaria Selatan, Jakarta Selatan. #JalanJakarta bertujuan untuk meningkatkan akses bagi pejalan kaki dan pesepeda menuju stasiun MRT Jakarta.

Program #JalanJakarta menargetkan dapat menjangkau seluruh 13 kawasan stasiun MRT Jakarta pada Mei 2020. Kegiatan ini bervariasi, mulai dari inisiatif masyarakat dalam meningkatkan akses pejalan kaki hingga peningkatan atau pembangunan trotoar di di dalam kawasan dengan radius 500 meter dari stasiun MRT Jakarta.

Kegiatan bersama masyarakat Gandaria Selatan beberapa waktu lalu fokus pada penataan jalur pejalan kaki di sepanjang jalan yang langsung terkoneksi dengan Stasiun MRT Cipete Raya. Pengecetan area pejalan kaki dan pemasangan signage dilakukan agar memudahkan masyarakat menjangkau stasiun MRT. Juga dilakukan penambahan rambu untuk pejalan kaki di sekitar SD Negeri Gandaria Selatan 01 yang hanya berjarak 50 meter dari Stasiun Cipete Raya, demi meningkatkan keamanan dan kenyamanan anak-anak sekolah saat berjalan kaki.


Photo Source: Instagram @itdpindonesia

Direktur Utama PT MRT Jakarta William Sabandar menjelaskan, konsep perbaikan ini dilaksanakan dalam tiga tahap. Jangka pendek, yaitu periode Agustus hingga November 2019, akan dilakukan pengecatan jalan sebagai penerapan konsep shared street untuk penanda tempat parkir dan zona aman sekolah. Yang kedua adalah jangka menengah yang akan dimulai Desember 2019 – Januari 2020, akan dilakukan pemasangan signage dan wayfinding menuju stasiun MRT Jakarta terdekat dalam bentuk marka jalan; penambahan jalur sepeda, dan pembenahan peneduh jalan. Dan yang terakhir jangka panjang, Februari 2020 – Mei 2020, akan dilakukan pembenahan trotoar dan peneduh jalan.

 

Top Photo Source: Instagram @williamsabandar

Isny Dewi R.
Isny Dewi R.
Journalist
Registration