Thursday, November 14, 2019
FYI
FYI

KA Jarak Jauh Stasiun Gambir Bakal Pindah ke Stasiun Manggarai

Spectr News Theme Isny Dewi R.
15, October 2019
236

Layanan Kereta Api (KA) jarak jauh yang beroperasi di Stasiun Gambir, Jakarta Pusat, akan dipindahkan ke Stasiun Manggarai, Jakarta Selatan, tahun 2021 mendatang. Nantinya, Stasiun Gambir hanya akan digunakan untuk layanan Kereta Rel Listrik (KRL) dan kereta-kereta khusus, seperti KA Wisata, KA Kepresidenan, serta KA untuk pejabat. Sementara Stasiun Pasar Senen tetap akan melayani KA jarak jauh untuk kereta ekonomi.

Gagasan menjadikan Stasiun Manggarai sebagai pusat beroperasinya berbagai layanan kereta sebenarnya sudah dirancang sejak tahun 1980-an. Konsep tersebut telah melalui berbagai studi hingga akhirnya bisa diwujudkan pembangunannya dan akan mulai beroperasi pada 2021.

Kasubag Humas Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan Supandi mengatakan, pembangunan stasiun Manggarai merupakan salah satu proyek Double-Double Track (DDT) Manggarai – Cikarang, guna meningkatkan kapasitas.

Menurut Supandi, perpindahan ini dilakukan karena Stasiun Manggarai lebih memungkinkan untuk pengembangan kapasitas pelayanan dibanding Stasiun Gambir. "Jadi ini lebih mudah dikembangkan daripada di stasiun Gambir yang sudah mentok seperti itu. Apalagi Stasiun Gambir kan masuk ring 1," ujar Supandi.

Nantinya jalur KA jarak jauh akan berada di lantai 2 bersama jalur KRL Bogor Line. Sedangkan di lantai 1 akan melayani KRL Bekasi Line dan KA Bandara. Kedua lantai ini memiliki jalur yang banyak sehingga bisa menampung berbagi jenis KA maupun KRL.

 

Top Photo Source: jadwalkereta.net

Isny Dewi R.
Isny Dewi R.
Journalist
Registration