< Recreation

Kagum Oleh Wajah Baru Kali Besar

Kagum Oleh Wajah Baru Kali Besar

Recreation

Proyek revitalisasi Kali Besar di kawasan Kota Tua, Jakarta Barat telah rampung. Kini area tersebut dibuka untuk umum. Pembukaannya sendiri diresmikan oleh Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Uno pada 7 Juli 2018 lalu.

Saat Check In Jakarta datang ke tempat ini, belum banyak pengunjung. Hanya ada sedikit orang yang terlihat sedang berfoto-foto. Suasana yang sepi itu dimanfaatkan sekumpulan anak muda untuk bermain skateboard. Petugas Satpol PP yang berjaga-jaga di kawasan ini mengatakan, kalau siang hari kawasan ini memang sepi karena panas, baru akan ramai saat sore hari. Memang belum nampak pepohonan rindang di kawasan tersebut. Namun, beberapa waktu ke depan Kali Besar dijamin lebih sejuk, karena terdapat puluhan pohon yang sedang dalam masa pertumbuhan ditanam di sini.

Kawasan Kali Besar terlihat menyatu dengan bangunan-bangunan tua di sekelilingnya. Jalur pejalan kaki berukuran lebar beralaskan batu andesit membuat nuansa Jakarta tempo dulu semakin kental. Ditambah kondisi lingkungan yang bersih, membuat Check In Jakarta lupa bahwa kawasan ini masih berada di Jakarta.


Photo Source: Check In Jakarta doc.

Yang paling menarik dari kawasan Kali Besar saat ini adalah area terapung yang dibangun di atas air. Sayangnya saat Check In Jakarta datang, area tersebut masih ditutup, belum diketahui kapan akan dibuka. Meski air sungai yang mengalir masih terlihat keruh, namun tidak tercium bau menyengat. Daya tarik lain yang dimiliki Kali Besar adalah sejumlah instalasi patung dengan pose yang unik. Di beberapa titik juga ditumbuhi berbagai macam tanaman yang semakin mempercantik kawasan ini.

Untuk mencapai Kali Besar sangatlah mudah, Anda cukup berjalan kaki beberapa meter saja dari alun-alun Fatahillah. Ikuti rambu yang terpasang atau tanyakan ke petugas yang berjaga. Selamat berlibur!

Address

Kota Tua, Pinangsia, Tamansari, Jakarta Barat


SEE MAP