Monday, May 25, 2020
Recreation
Recreation

Kangen Jalan-jalan? Obati dengan Virtual Tour di Indonesia Ini!

Spectr News Theme Isny Dewi R.
29, April 2020
246

Dampak pandemi COVID-19 membuat hampir semua orang di berbagai belahan dunia diminta untuk #dirumahaja, dan mengurangi aktivitas di luar rumah, termasuk tidak dapat pergi traveling, karena dikhawatirkan dapat memperluas penyebaran virus. Penerbangan komersial, perjalanan kereta api, bus, hingga kapal motor pun kini sudah dihentikan sementara

Bagi Anda yang hobi jalan-jalan, hal ini tentu membuat Anda merasa bosan dan merindukan traveling. Tapi tenang! Karena kali ini Check In Jakarta akan bagikan rekomendasi tempat wisata di Indonesia yang menyajikan wisata virtual atau virtual tour untuk Anda yang #dirumahaja dan kangen traveling.

1. Museum Nasional Indonesia
Museum Nasional atau juga biasa disebut Museum Gajah menyimpan 140.000 benda-benda bersejarah, yang dibedakan menjadi tujuh jenis koleksi yaitu koleksi arkeologi, etnografi, geografi, keramik, numismatik & heladrik, prasejarah, dan sejarah.

Museum ini menjadi salah satu tempat terbaik untuk mengetahui lebih dalam tentang peradaban, sistem sosial, seni, budaya, agama, dan pemerintahan Indonesia pada zaman dahulu. Bagi Anda yang kangen berkunjung ke Museum Nasional bisa melihat wisata virtualnya melalui laman ini.

2. Monas

Monumen Nasional atau Monas merupakan monumen peringatan setinggi 132 meter (433 kaki) yang didirikan untuk mengenang perlawanan dan perjuangan rakyat Indonesia untuk merebut kemerdekaan dari pemerintah kolonial belanda. Tugu ini dimahkotai lidah api yang dilapisi lembaran emas yang melambangkan semangat perjuangan yang menyala-nyala. Monas terletak tepat di tengah Lapangan Medan Merdeka, Jakarta Pusat. 

Terletak 3 meter dibawah permukaan halaman tugu, juga terdapat Museum Sejarah Nasional yang menampilkan diorama sejarah nenek moyang bangsa Indonesia, zaman perjuangan kemerdekaan, perjuangan mempertahankan kemerdekaan, hingga pembangunan pada masa orde baru. Bagi Anda yang merindukan Monas, bisa kunjungi laman ini untuk melihat wisata virtualnya.

3. Galeri Nasional
Galeri Nasional Indonesia adalah sebuah lembaga budaya negara atau sebagai museum seni rupa modern dan kontemporer. Di sini terdapat beberapa gedung yang berfungsi sebagai tempat pameran, serta perhelatan seni rupa Indonesia dan mancanegara.


Photo credit: Instagram @galerinasional

Untuk Anda yang ingin menikmati karya seni rupa selama #dirumahaja, Anda bisa mengunjungi akun Instagram @galerinasional, yang menyajikan virtual tour Pameran Tetap Koleksi Galeri Nasional Indonesia yang menampilkan karya-karya seni rupa koleksi negara berdasarkan periodisasi perjalanan seni rupa Indonesia yang dibagi dalam tujuh ruang.

4. Candi Borobudur
Siapa yang tak kenal Candi Borobudur? Candi yang terletak di kota Magelang, Jawa Tengah ini didirikan oleh para penganut agama Buddha Mahayana sekitar tahun 800-an Masehi pada masa pemerintahan wangsa Syailendra. Borobudur menjadi candi atau kuil Buddha terbesar di dunia, sekaligus salah satu monumen Buddha terbesar di dunia.


Photo credit: Instagram @olli_outdoors

Meski sedang #dirumahaja, Anda tetap dapat menikmati dan melihat kemegahan Candi Borobudur kapan pun melalui wisata virtual yang tersaji di borobudurvirtual.id.

5. Agung Rai Museum of Art (ARMA)
Museum Seni Agung Rai atau Agung Rai Museum of Art (ARMA) merupakan salah satu museum seni rupa di Bali yang menyimpan berbagai koleksi lukisan yang berasal dari pelukis-pelukis ternama baik dari dalam negeri maupun mancanegara.

Gedung-gedung di ARMA didesain dengan gaya arsitektur tradisional Bali dengan dominasi material lokal. Dua gedung utamanya, Bale Daja seluas 3.300 meter persegi, dan Bale Dauh seluas 1.200 meter persegi, berdiri kokoh di tengah pepohonan, air mancur, dan kolam serta landskap sawah.


Photo credit: Instagram @arma.bali/

Melalui artsandculture.google.com/partner/arma-museum, Anda bisa mengobati rindu jalan-jalan dengan melihat wisata virtual museum ini.

Isny Dewi R.
Isny Dewi R.
Journalist
Registration