< Recreation

Keindahan Taman Kota Jakarta yang Tersembunyi

Keindahan Taman Kota Jakarta yang Tersembunyi

Recreation

Siapa bilang tempat berlibur di Jakarta hanya mall? Jangan salah! Kota metropolitan ini juga memiliki beberapa taman kota yang menarik. Salah satu taman kota di Jakarta yang wajib Anda datangi adalah Taman Langsat.

Taman ini posisinya sangat dekat dengan Taman Ayodya. Jika Anda belum pernah ke taman ini, Anda hanya tinggal mengikuti jejeran pilar-pilar yang berderet dari Taman Ayodya hingga ke taman yang ada di seberangnya, di sanalah Taman Langsat berada.

Taman kota ini di terletak di Jalan Langsat, tepatnya berada di belakang Pasar Burung Barito, maka tak jarang taman ini juga disebut Taman Barito.

Jika dibandingkan dengan beberapa tahun lalu, Taman Langsat kini sudah banyak mengalami perubahan. Saat itu banyak cerita negatif yang beredar, mulai dari cerita mistis hingga kriminal.

Kini Taman Langsat semakin indah. Keindahannya tak hanya berasal dari pepohonan ataupun tanaman hias, tapi juga dari kebersihan dan suasananya yang lebih sepi dibanding Taman Ayodya.

Photo Source: http://wikimapia.org/

Taman Langsat memiliki area seluas 3,6 hektar namun letaknya tersembunyi, tak heran jika banyak yang belum tahu keberadaan taman ini. Dulunya tempat ini merupakan tempat penyimpanan bibit-bibit tanaman.

Pada tahun 2012, taman ini ditingkatkan fungsinya menjadi area penyuluhan pertamanan dan dilengkapi beberapa fasilias yang umumnya ada di taman kota, seperti jogging track sepanjang 750 meter dengan lintasan selebar 2 meter dan dibuat turun naik seperti di perbukitan. Ada juga fasilitas yang khusus dibuat untuk lansia. Taman ini juga dijadikan sebagai tempat pembudidayaan pohon palem raja yang biasa digunakan sebagai penunjuk arah pada jalan-jalan protokol Ibu Kota dan Istana Negara.

Fasilitas lainnya mencakup tempat pameran flora dan fauna di alam terbuka. Ada juga lapangan tenis, area koleksi tanaman sebagai fasilitas pengenalan jenis tanaman. kolam Teratai, dan arena permainan anak.

Jika Anda ingin mengajak anak-anak bermain di Taman Langsat, sebaiknya datang pada pagi hari, agar mereka dapat mendengar merdunya suara burung berkicau yang saling bersahut-sahutan dan menghirup sejuknya udara pagi dengan dikelilingi pohon rindang.

Sempat ada isu yang menyebutkan bahwa taman ini angker, tapi di balik benar atau tidaknya isu tersebut yang jelas taman ini menyimpan keindahan di tengah-tengah padatnya gedung-gedung pencakar langit Ibu Kota.

Address

Jl. Barito, Kramat Pela, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12130


SEE MAP