Saturday, April 04, 2020
Bisnis
Bisnis

Kemampuan Dasar yang Wajib dimiliki Pekerja

Spectr News Theme Eskanisa Ramadiani
12, February 2020
314

Anda mungkin pernah mengalami fase di mana sulit sekali mendapatkan pekerjaan padahal Anda merasa memiliki apa yang dibutuhkan oleh perusahaan. Itu sebabnya Anda tidak boleh berpuas diri dan senantiasa menggali kemampuan (bakat) yang ada di dalam diri agar siap bersaing. Setidaknya, berikut kemampuan dasar yang wajib Anda miliki untuk berkecimpung di dunia kerja.

1. Mampu Beradaptasi

Dalam berkarier biasanya tidak lepas dari istilah bongkar – pasang. Dengan kata lain pindah kerja ke bagian atau perusahaan yang dinilai lebih baik lagi dari berbagai aspek, seperti waktu, gaji, lokasi dan lain sebagainya. Tidak dapat dipungkiri jika banyak pekerja yang gagal melewati fase ‘perpindahan’ tersebut karena minim kemampuan untuk beradaptasi atau dengan kata lain enggan keluar dari zona nyaman.

Proses adaptasi di sini bukan hanya berfokus pada jenis (tanggung jawab) pekerjaan, namun juga pada lingkungan kerja yang baru termasuk rekan dan atasan. Mulai lah membuka diri untuk beradaptasi dengan mereka yang setiap hari bersinggungan dengan Anda. Pahami karakter masing-masing dari mereka sehingga bisa menjadi tim yang solid.

2. Memiliki Manajemen Waktu yang Baik

Setiap orang memiliki waktu yang sama saat bekerja, 8 – 10 jam per hari sehingga tidak ada alasan untuk tidak dapat menyelesaikan tugas dengan baik dan tepat waktu. Itu sebabnya, Anda harus mampu mengelola sekaligus mengetahui cara manajemen waktu agar lebih produktif.

Selain bermanfaat untuk menyelesaikan pekerjaan tepat waktu, time management juga bermanfaat untuk meningkatkan reputasi sebagai pegawai, mengurangi stres karena tidak perlu dikejar-kejar deadline, dan memiliki lebih banyak waktu luang untuk belajar banyak hal baru.

3. Kreatif

Menjadi kreatif tentu bukan perkara mudah, tapi bukan berarti Anda tidak bisa menjadi orang yang kreatif. Penting untuk diingat bahwa kreativitas bukan sekadar hal yang diturunkan, namun dipelajari setiap harinya secara konsisten. Ada banyak cara sederhana untuk meningkatkan kreativitas seperti membaca, bersosialisasi, mendengarkan musik yang bisa Anda lakukan di sela-sela jam kerja.

Eskanisa Ramadiani
Eskanisa Ramadiani
Journalist
Registration