< FYI

Khasiat Bawang Merah yang Sering Terlewat

Khasiat Bawang Merah yang Sering Terlewat

FYI

Tak hanya untuk memberikan rasa lezat pada masakan, bawang merah juga memiliki manfaat untuk kesehatan, lho. Simak di bawah ini!

1. Meredakan rasa sakit di telinga
Apakah Anda pernah mengalami nyeri di telinga yang tidak segera hilang? Alih-alih mencari obat di apotik, cobalah lebih dahulu untuk memanfaatkan khasiat bawang merah sebagai penyembuh alami.

Potong bawang merah menjadi dua bagian, ambil bagian tengahnya, dan taruh pada bagian dalam telinga. Biarkan selama semalam dan inflamasi dalam telinga Anda akan berkurang.

2. Menyembuhkan pilek dan flu
Bawang merah memiliki kandungan anti-bakterial yang dapat membunuh virus. Asam fosfor dalam bawang merah dapat masuk ke dalam aliran darah melalui permukaan kaki yang notabene merupakan penghubung ke sistem saraf dan organ dalam. Iris tipis bawang merah dan taruh di telapak kaki. Ikat dengan plastic bersih dan biarkan hingga esok hari.

3. Membantu menyeimbangkan kadar gula darah
Bawang merah mengandung sulfur dan flavonoid yang diketahui dapat menurunkan kadar gula darah. Mengonsumsi setidaknya 2 ons bawang merah setiap hari diketahui dapat memberikan efek yang signifikan. Dengan berkurangnya kadar gula maka kemungkinan untuk terserang penyakit jantung juga semakin kecil.

4. Mengatasi gejala asma
Antioksidan bernama quercetin yang terkandung dalam bawang merah dikenal dapat berfungsi untuk meredakan inflamasi. Quercetin juga terbukti mampu untuk mencegah sel memproduksi histamin yang diekskresikan sebagai respon alergi. Selain itu, qercetin dipercaya dapat membantu melegakan saluran pernapasan.

5. Memperpanjang usia gigi
Memakan bawang merah mentah akan menyebabkan bau mulut. Sisi positifnya, ia dapat membunuh bakteri berbahaya yang dapat membusukkan gigi. Mengunyah bawang mentah selama 2-3 menit dikenal ampuh untuk mengeliminasi sebagian besar bakteri dalam mulut.